Sukses

Siapa Saja Pelaku Kejahatan dan Premanisme di Sumut Ditindak Tegas

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memastikan siapa saja pelaku kejahatan dan premanisme akan ditindak tegas.

Liputan6.com, Medan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memastikan siapa saja pelaku kejahatan dan premanisme akan ditindak tegas.

Hal itu disampaikan Kapolda Sumut dalam pengungkapan kasus kejahatan jalanan dan premanisme yang dilaksanakan di Polrestabes Medan, Jalan HM Said, Medan, Senin, 25 April 2022.

"Saya ingatkan, bagi pelaku kejahatan dan premanisme di wilayah hukum Polda Sumut akan saya tindak tegas," ucap Kapolda Panca.

Pada kesempatan itu, sebanyak 135 pelaku kejahatan dan premanisme berhasil ditangkap, termasuk kasus geng motor di Medan Labuhan yang menewaskan seorang warga.

Kapolda Sumut juga mengatakan, akan membabat habis pelaku kejahatan dan premanisme yang sudah membuat masyarakat menjadi resah dan tidak nyaman.

"Kota Medan salah satu pusat ekonomi di Sumut. Rasa aman harus dirasakan oleh warga," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Langkah Dilakukan

Disampaikan Kapolda Panca, berbagai langkah terus dilakukan dalam memberikan pengamanan untuk meredam aksi-aksi kejahatan dan premanisme.

"Polisi jangan takut menghadapi preman yang membuat resah di masyarakat. Kalau sudah meresahkan masyarakat, tangkap dan beri tindakan tegas, proses," sebutnya.

Diungkapkan jenderal bintang dua itu, pihaknya akan meningkatkan operasi premanisme dan pungutan liar (pungli) tidak hanya menjelang lebaran Idul Fitri.

"Operasi premanisme terus dilakukan di Medan dan di daerah lain di Sumut," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Pesan Kapolda ke Preman

Kapolda Sumut, Panca Putra, berpesan kepada siapa saja yang masih berani melakukan aksi-aksi kejahatan dan premanisme untuk sadar diri, dan carilah rezeki dengan cara yang baik.

"Jangan coba-coba ganggu masyarakat yang merayakan lebaran, akan kita tindak tegas," sebutnya.

Dalam mengamankan mudik lebaran tahun 2022 ini, sebanyak 10.376 personel gabungan dari Polda Sumut, Kodam I/BB, serta stakeholder lainnya siap mengamankan mudik lebaran tahun ini.

4 dari 4 halaman

Operasi Ketupat Toba 2022

Pada Selasa, 19 April 2022, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, dalam pengamanan mudik lebaran, Polda Sumut akan melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2022 mulai 28 April hingga 9 Mei 2022.

"Para personel yang disiagakan siap untuk mengamankan mudik lebaran di Sumut," katanya.

Kapolda Panca juga mengungkapkan, Polda Sumut akan melaksanakan Operasi Kemanusiaan dengan mendidirikan 101 Pos Pengamanan, 35 Pos Pelayanan, dan 10 Pos Terpadu.

"Tujuan agar masyarakat Sumut yang merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah aman dan sehat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.