Sukses

Gubernur Edy Pastikan Kereta Api di Sumut Siap Layani Masyarakat Mudik Lebaran

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau dan mengecek kesiapan Stasiun Kereta Api Medan, Tebing Tinggi, dan Kisaran (Asahan), Senin (25/4/2022).

Liputan6.com, Medan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau dan mengecek kesiapan Stasiun Kereta Api Medan, Tebing Tinggi, dan Kisaran (Asahan), Senin (25/4/2022).

Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Gubernur Edy meninjau kesiapan layanan mudik lebaran, termasuk layanan angkutan kereta api. Mereka juga menaiki kereta api.

Dari hasil peninjauan tersebut, menurut Gubernur Edy, seluruh jajaran pemerintah dan pihak terkait di Sumut sudah siap melaksanakan layanan mudik lebaran tahun ini, termasuk layanan angkutan kereta api.

"Kesiapan-kesiapan ini bentuk kehadiran kita untuk masyarakat dalam menjalankan tradisi mudik, dan setiap tahun sudah seperti itu," kata Gubernur Edy.

Diperkirakan akan ada banyak masyarakat yang melakukan mudik ke kampung halamannya. Sebab sudah 2 tahun tidak melakukan mudik lantaran pandemi Covid-19.

"Kesiapan layanan mudik sebagai bentuk kehadiran pemerintah, serta sangat penting untuk memastikan arus mudik aman dan lancar," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan Pos Layanan Kesehatan

Disampaikan Gubernur Edy, untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, pemerintah juga telah menyiapkan pos-pos yang terdapat pelayanan kesehatan.

"Kesiapan-kesiapan khususnya untuk menjaga kesehatan masyarakat kita juga sudah ada, inilah tugas kita selain menjaga keamanan juga menjaga kesehatan masyarakat kita," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Operasi Ketupat Toba

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menyampaikan, Operasi Ketupat Toba 2022 di Sumut melibatkan sebanyak 10.367 personel.

"Lantaran waktu libur yang cukup panjang, persiapan pengamanan harus dilakukan dengan sebaik mungkin," ucapnya.

Selain memastikan keamanan, kesehatan masyarakat juga menjadi perhatian khusus dalam operasi kali ini. Kegiatan Operasi Ketupat merupakan operasi bersama seluruh stakeholder.

"Kita sudah pastikan pos-pos pelayanan kesehatan, termasuk rumah sakit rujukan yang jadi tempat menampung apabila ada masyarakat yang terkena Covid-19," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Persiapkan Semua Kebutuhan

Vice President PT KAI Divisi Regional (Divre) 1 Sumut, Yuskal Setiawan menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan semua kebutuhan agar mudik tahun 2022 terlaksana dengan lancar.

"Salah satunya mempersiapkan fasilitas pengecekan antigen hingga vaksinasi," ujarnya.

Begitu pula dengan jalur, PT KAI sudah antisipasi titik rawan. Serta sudah berkoordinasi dengan Forkopimda terkait hal tersebut.

"Kita memperkirakan lonjakan penumpang terjadi pada H-2 lebaran," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.