3 Calon Penjabat Gubernur Gorontalo Pengganti Rusli Habibie

Oleh Arfandi Ibrahim pada 25 Apr 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 25 Apr 2022, 21:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Perbesar
Sambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pembukaan Munas IX Korpri Tahun 2022 pada 28 Januari 2022. (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

Liputan6.com, Gorontalo - Hingga kini, warga Gorontalo masih dibuat penasaran soal siapa yang akan menjadi Gubernur setelah masa tugas Rusli Habibie berakhir pada Mei mendatang.  

Menanggapi hal itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberi bocoran tiga nama Penjabat Gubernur penggantinya pada 12 Mei 2022. Tiga nama tersebut sudah diusulkan ke Presiden Joko Widodo untuk dipilih dan dilantik bulan depan.

"Hasil bocoran yang kami dapat ada tiga orang yang bakal menjadi penjabat. Dua orang putra Gorontalo, satu lagi dari Kemenko Ekonomi," kata Rusli, Minggu (24/4/2022).

Tiga nama yang dimaksud Gubernur Rusli yakni Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Yusharto Huntoyungo, Staf Ahli Menpora Hamka Hendra Nur, dan Staf Ahli Menko Perekonomian Rudi Salahuddin. Dua nama sebelumnya adalah putra daerah.

Rusli menyerahkan sepenuhnya pemilihan Penjabat Gubernur Gorontalo kepada Presiden melalui Mendagri. Ia berharap Penjabat Gubernur bisa melanjutkan berbagai program yang sudah ia lakukan bersama Wakil Gubernur Idris Rahim selama lebih kurang dua tahun ke depan.

"Kami serahkan semua ke pusat, ke Bapak Presiden dan Mendagri untuk menentukan Pejabat Gubernur," tuturnya.

Ditanya soal siapa suksesornya pada Pilgub 2024, Rusli menjawab, ia menilai banyak nama yang bisa meneruskan programnya. Ia menilai Pilkada masih lama dan masih akan berproses panjang.

"Untuk definitif masih lama, Pak Wagub bisa, dua periode beliau jadi Wagub. Ada Ibu Idah, Pak Marten, Pak Tony, Pak Roem Kono, Syarif Mbuinga, banyak calon berikutnya," ia menandaskan.

Sebagaimana diketahui, masa kepemimpinan Rusli Habibie dan Idris Rahim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur dua periode akan berakhir pada 12 Mei 2022.

 

Simak juga video pilihan berikut:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya