Sukses

Mudik Lebaran 2022, Jumlah Penumpang Melonjak 133 Persen di Pelabuhan Semayang Balikpapan

Untuk memastikan kesiapan pelayaran dalam periode mudik tahun 2022, Direktur Utama (Dirut) PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Tri Andayani melakukan peninjauan persiapan ke sejumlah pelabuhan, salah satunya di Kota Balikpapan.

Liputan6.com, Balikpapan - Untuk memastikan kesiapan pelayaran dalam periode mudik tahun 2022, Direktur Utama (Dirut) PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Tri Andayani melakukan peninjauan persiapan ke sejumlah pelabuhan, salah satunya di Kota Balikpapan.

Usai memantau persiapan Pelni di Kota Balikpapan, Andayani menyebut diprediksikan jumlah penumpang akan meningkat hingga 133 persen pada periode mudik tahun ini, baik kedatangan maupun keberangkatan.

"Meski mengalami peningkatan, secara jumlah, angka pemudik nasional ini masih berada di bawah tahun 2019, atau sebelum pandemi melanda Tanah Air," ujar Andayani, di Pelabuhan Semayang, pada Minggu (24/4/2022) sore.

Pada periode tahun 2022 ini, sambungnya PT Pelni menyiapkan 70 kapal yang terdiri dari 44 kapal perintis dan 26 kapal. Kapal-kapal ini akan menyinggahi ratusan pelabuhan di seluruh Indonesia. "Total seat 49.300 untuk sekali keberangkatan," tambah Andayani.

Pelabuhan Semayang merupakan salah satu pelabuhan paling padat selama periode mudik tahun ini, di bawah Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. "Tadi saja, ada 2.000-an penumpang yang menggunakan KM Bukit Siguntang," papar perempuan yang pernah menjabat Direktur Keuangan PT Pelni ini.

Jumlah tersebut berpotensi terus bertambah, sebab puncak mudik diprediksi untuk Pelni baru akan terjadi pada 26 April nanti. Sementara arus balik, puncaknya diprediksi pada 6 Mei nanti.

PT Pelni juga telah mengantisipasi jika terjadi peningkatan jumlah pemudik, dengan menyiapkan satu armada tambahan yakni KM Umsini untuk melayani rute Balikpapan-Surabaya, yang jadi salah satu rute terpadat. "KM Umsini akan kami operasikan pada 28 April nanti," sebut Andayani.

Selama ini, ada tiga armada Pelni yang reguler melayani pelayaran dari dan menuju Pelabuhan Semayang, yakni KM Labobar, KM Lambelu, dan KM Bukit Siguntang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puji Pelabuhan Semayang

Andayani yang berada di Balikpapan sejak Sabtu (23/4/2022) juga memuji pihak pengelola Pelabuhan Semayang, yang tertib dan bersih meski disinggahi ribuan pemudik. "Balikpapan sangat tertib dan bersih. Ini layak mendapat apresiasi," ucap Andayani.

Dia juga memastikan Pelni sudah menyiapkan seluruh aspek untuk melayani mudik tahun ini, mulai dari kesiapan kelaikan kapal, ketersediaan BBM, protokol kesehatan hingga menyiapkan mesin tiket otomatis untuk memudahkan calon penumpang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.