Sukses

Inovasi Tempe Buatan Pak Agus di Yogyakarta, dari Kacang Hijau hingga Kayu Manis

Tempe merupakan makanan sehat yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tempe merupakan makanan sehat yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Setidaknya itulah yang diyakini Agustinus Priyanto (66) pria paruh baya yang menjadi pemilik olahan tempe organik.

Pria kelahiran Yogyakarta ini sudah sangat akrab dengan produk pangan tempe. Tak heran, ia akrab disapa sebagai Agus tempe. Nama tersebut juga ia sematkan untuk memopulerkan produk tempe miliknya yang menggunakan kedelai lokal.

Tingginya impor kedelai putih sebagai bahan baku utama pembuatan bahan pangan khas Indonesia ini cukup membuat Agus prihatin.

"Tempe diklaim sebagai produk pangan lokal tapi bahan baku utamanya harus impor. Sementara, pembuatan tempe itu tidak harus menggunakan kedelai impor," ucap Agus, Kamis (21/4/2022).

Tingginya kebutuhkan kedelai putih sebagai bahan baku utama pembuatan tempe membuat impor kedelai terus dilakukan. Namun, kedelai impor itu biasanya produk rekayasa genetika atau GMO (genetically modified organism).

Kemudian Agus mencoba untuk mengembangkan produk tempe menggunakan biji-bijian yang didapat dari para petani lokal, khususnya di kawasan Playen, Gunungkidul. Sebab, bagi Agus tempe tak harus berasal dari kedelai putih.

Agus bersama para petani lokal berusaha untuk mengembangkan aneka alternatif bahan baku tempe lokal, mulai dari kacang koro, kacang tanah, kacang tolo, hingga kacang hijau.

Tak disangka inovasinya berhasil membuat aneka produk tempe yang memiliki cita rasa yang dapat bersaing. Bahkan, produk tempe organiknya diklaim memiliki cita rasa yang lebih gurih dan menyehatkan dari pada tempe pada umumnya.

Sejak merintis produk tempe organiknya pada tahun 2010, kini produk tempe organik milik Agus memiliki varian yang cukup beragam, mulai dari tempe kacang hijau, tempe koro, tempe tolo, hingga tempe yang memiliki cita rasa seperti tempe kayu manis, dan tempe kunyit.

Harga tempe organik ini dibanderol cukup murah, yakni mulai dari Rp8.000 per 200 gram. Bagi yang ingin mencoba aneka tempe organik ini dapat mengunjungi akun Instagram @agus_tempe.

 

Penulis: Tifani

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.