Sukses

Hindari Kemacetan, Yuk Download Aplikasi Smart Polantas untuk Perjalanan Mudik

Kehadiran aplikasi cerdas dan simpel hasil racikan anak bangsa, cukup membantu pemudik dalam mencari celah dan jalur yang dianggap aman, selama perjalanan mudik nasional 2022 kali ini.

Liputan6.com, Garut - Untuk memberikan kemudahan selama masa mudik Nasional 2022 berlangsung, Kepolisian Resort (Polres) Garut, Jawa Barat, meluncurkan aplikasi Smart Polantas bagi pemudik.

"Silakan di-download di Play Store kalau nanti ada persoalan di jalan, apa permasalahannya, kalau bisa di-handphone atau WA, silakan," ujar Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Jumat (22/4/2022) lalu.

Menurutnya, kehadiran aplikasi Smart Polantas yang cerdas dan simpel hasil karya anak bangsa itu, cukup membantu pemudik dalam mencari celah dan jalur yang dianggap aman, selama perjalanan mudik nasional 2022 kali ini.

"Itu ada CCTV, ada traffic info ditambah juga ada trouble spot atau juga mungkin ada permasalahan-permasalahan di perjalanan," papar peraih Adhi Makayasa Polri 2003 tersebut.

Untuk mengetahui informasi terkini seputar arus mudik dan arus balik, pemudik bisa mengetahui secara pasti detail perjalanan yang akan dilalui para pemudik, terutama yang akan melintasi jalur mudik Jawa Selatan via Garut.

"Kalau Smart Polantas khusus buat memberikan informasi mengenai arus balik atau arus mudik," ujar dia menegaskan fungsi utama aplikasi itu.

Seperti diketahui jalur mudik selatan yang dimulai dari Nagreg diprediksi bakal menerima limpahan pemudik cukup besar dalam momen mudik nasional 2022, terutama jalur Nagreg-Malangbong yang melintasi Garut.

Setelah mobilitas warga diperketat dalam dua tahun terakhir akibat pendemi Covid-19, Pemerintah secara resmi mengumumkan adanya mudik nasional 2022 tahun ini. Tak kurang dari 85 juta penduduk Indonesia bakal melakukan mobilisasi massa cukup tinggi selama masa liburan Idul Fitri 1443 H tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.