Sukses

Tips Aman Saat Bandung Dilanda Hujan Deras dan Angin Kencang

Kepala Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Ecep Kusnadi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan.

Liputan6.com, Bandung - Kepala Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Ecep Kusnadi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan.

“Berdasarkan pantauan secara visual, saat ini tengah terjadi kondisi cuaca yang mengarah kepada terjadinya hujan deras disertai angin kencang, yang berpotensi menimbulkan bahaya atau bencana,” kata Ecep dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/4/2022).

Potensi tersebut, antara lain hujan deras disertai angin kencang yang dapat merusak rumah dan menyebabkan pohon tumbang.

“Selain itu, juga perhatikan sambaran petir. Karena itu jangan menggunakan alat elektronik gawai ditempat terbuka,” ujarnya.

Potensi lainnya yakni hujan deras disertai butiran es dan petir. Ecep mengatakan, apabila kondisi cuaca tersebut atau salah satu saja dari fenomena tersebut terjadi, maka segera lakukan tindakan berikut.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Di dalam Ruangan

1. Tetap berada di dalam bangunan pada ruangan yang diperkirakan lebih kuat dan aman.

2. Cabut colokan listrik yang tersambung ke radio/tv/charger ponsel dll.

3. Jauhi sumber listrik untuk menghindari hantaran energi apabila petir menyambar antena tv/radio melalui instalasi listrik.

4. Jauhi jendela kaca atau teralis besi.

5. Bila rumah wargi berada di sekitaran bantaran atau tanggul sungai agar selalu berhati-hati dan waspada, yang dikhawatirkan terjadi jebol tanggul sungai yang menyebabkan banjir bandang.

6. Bila warga rumahnya berdekatan dengan tebing diusahakan selalu berhati hati dan berada agak menjauh dari area tebing yang dapat menimpa sebagian rumah/longsor.

3 dari 3 halaman

Di Tempat Terbuka

1. Jauhi pohon, tiang papan reklame/tiang listrik/tiang lainnya yang berdiri bebas.

2. Petugas pengguna radio komunikasi (HT) lebih aman mematikan sementara perangkatnya sampai kondisi cuaca berubah kondusif.

3. Hindari berada di lapangan/ruang terbuka yang luas.

4. Segera keluar dari air apabila sedang di kolam/sungai atau lahan berair.

5. Tetap berada di dalam mobil apabila sedang berkendara.

6. Sebaiknya matikan ponsel.

7. Apabila terjebak di luar bangunan gedung/ruang terbuka dalam kondisi badai disertai petir, jangan berlindung dibawah pohon.

8. Berdoa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.