Sukses

Menyusuri Rute Jalur Alternatif Arah Purwokerto Via Pantura Cirebon

Jalir alternatif kerap menjadi pilihan pemudik menuju Jawa Tengah khususnya dari Cirebon Jawa Barat

Liputan6.com, Cirebon - Jalur alternatif menjadi pilihan pemudik melintas di Pantura Cirebon menuju Jawa Tengah. Sejumlah posko pun tengah dibangun di jalur alternatif wilayah Timur Cirebon.

Diantaranya yakni jalur pantura Cirebon menuju Purwokerto via Ciledug. Selain merupakan pintu masuk ke Jawa Tengah, jalur tersebut dipilih karena kondisi medan jalan yang lumayan nyaman bagi para pemudik.

Dari pantauan Liputan6.com, pemudik yang melintas akan bertemu pertigaan Losari. Jika ingin mengambil jalur alternatif, pemudik bisa belok ke kanan dari pertigaan Losari menuju Ciledug Kabupaten Cirebon menuju arah selatan.

Rute menuju Ciledug akan memakan waktu sekitar 15 menit dengan kecepatan 40 km/jam. Kondisi jalan terbilang cukup baik dengan sedikit kerusakan ringan. 

Namun, pemudik harus waspada jika menempuh perjalanan pada malam hari. Ruas jalan tersebut masih minim PJU dan disarankan untuk istirahat terlebih dahulu.

Tiba di Ciledug, yaitu di Jl. Merdeka Utara akan berjumpa gerbang exit tol 1 dan 2. Kondisi medan juga jalan terbilang bagus sebab jalan tersebut baru saja diperbaiki termasuk lampu penerangan.

Di jalur tersebut Anda akan kembali menjumpai pertigaan ke arah kiri. Tak jauh dari situ pula terdapat Terminal Ciledug.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menuju Purwokerto

Dari pertigaan tersebut, apabila lurus akan menuju ke Kuningan, Jawa Barat. Ambillah jalur menuju ke Jl. Raya Ciledug - Ketanggungan, Brebes Jawa Tengah.

Sekitar 1,5 km ke arah timur pertigaan Terminal Ciledug, pemudik akan menemui Gapura Selamat Datang yang memisahkan Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Jalur perbatasan itu juga dipisahkan oleh Sungai Cisanggarung yang melintas di bawahnya. Memasuki wilayah Brebes, Anda nanti akan menjumpai sebuah perempatan. 

Jika ke kiri, Anda akan kembali diarahkan ke jalur pantura Losari. Namun jika ke arah selatan, akan menuju ke Banjarharjo. 

Pemudik disarankan mengambil jalur lurus terus hingga tiba di perempatan lampu merah Kersana.

Usahakan berhati-hati saat melintasi jalur tersebut pada malam hari. Sebab Anda akan melewati jalur yang kanan kirinya sawah tanpa lampu penerangan jalan.

Meski medan jalan terbilang bagus, ada beberapa lubang kecil di badan jalan yang bisa membuat Anda terkejut. Terutama beberapa meter jelang perempatan lampu merah Kersana. 

Di daerah tersebut sedang ada perbaikan mengingat kondisi aspal yang rusak parah. Setiba di perempatan lampu merah Kersana, ada beberapa akses menuju sejumlah daerah. 

Jika belok ke utara, Anda akan menuju Tanjung hingga tembus kembali ke jalur Pantura. Sementara jika ke arah selatan, akan diarahkan ke Banjarharjo hingga Salem dan Majenang. 

Namun, disarankan untuk mengambil jalur yang lurus hingga bertemu lampu merah Ketanggungan.

Pertigaan tersebut merupakan akses dari jalur pantura dan exit tol Pejagan, Brebes menuju selatan ke Slawi dan Purwokerto. Pemudik ambil jalur ke kanan untuk menuju fly over Dermoleng.

Kemudian tiba di Jl. Raya Ketanggungan, Brebes ini. Dari flyover Dermoleng, nanti akan ada beberapa arah menuju ke berbagai daerah seperti Slawi, Prupuk, Bumiayu dan Purwokerto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.