Sukses

Tips Agar Hewan Kesayangan Tetap Sehat saat Mudik Lebaran

Menjelang mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri, para pemilik hewan kesayangan kadang kala dilema. Hewan peliharaannya apakah dibawa mudik atau dititipkan ke tempat penitipan hewan.

Liputan6.com, Denpasar - Menjelang mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri, para pemilik hewan kesayangan kadang kala dilema. Hewan peliharaannya apakah dibawa mudik atau dititipkan ke tempat penitipan hewan.

Tidak sedikit yang memilih untuk menitipkan hewan kesayangannya. Hal inilah yang membuat tempat penitipan hewan banjir klien saat musim lebaran.

Bagi pemilik hewan yang hendak mudik lebaran, jangan khawatir terkait dilema-dilema antara dibawa atau dititipkan. Dokter hewan Desy Andriani membagikan tips-tips agar selama mudik lebaran pemiliknya tenang dan hewannya pun tetap sehat.

Desy mengatakan, jika hewan kesayangannya dititipkan, pemilik harus memastikan hewan kesayangannya aman, sehat, dan terawat hingga kembali kepada pemiliknya. Kesehatan hewan, misalnya kucing, juga perlu disampaikan kepada petugas penitipan hewan.

“Jika hewan dibawa mudik, sebaiknya lakukan general check up ke klinik langganan Anda  untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan Anda,” kata Desy mengutip YouTube Majalah Cat & Dog, Jumat (22/4/2022).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hewan Mengalami Stres

Desy menuturkan, hewan kesayangan akan mengalami stres baik dibawa mudik maupun dititipkan. Hal ini disebabkan karena suasana lingkungan yang berbeda.

Ketika dibawa mudik, hewan akan mengalami stres karena perjalanan. Desy menyarankan agar pemilik hewan dapat melakukan konsultasi dengan dokter hewan yang sudah dipercaya dan sudah melakukan appointment dengan dokter hewan untuk bisa melakukan konsultasi online. 

Apabila dititipkan, Desy menyebut hewan belum mau makan pada hari pertama. Hewan yang dititipkan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan suasana dan lingkungan baru.

“Jika pada hari kedua masih belum mau makan, maka pihak pengelola penitipan hewan harus memberikan makanan dengan cara disuap,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Tips Hewan Kesayangan yang Dititipkan

Apabila ingin mudik lebarannya semakin terasa, menitipkan hewan adalah salah satu jalan yang dapat ditempuh. Jika pemilik hewan kesayangan memilih cara ini, catat tips-tips berikut dari Desy agar tidak salah langkah.

Pertama, pilihlah penitipan hewan yang ada tenaga kesehatannya. Menurut Desy, ini sangat penting supaya ketika hewan kesayangan stres dengan lingkungan baru ada tenaga kesehatan yang menanggulanginya.

Kedua, sebelum melakukan penitipan mintalah dokter untuk memastikan hewan tersebut aman untuk dititipkan. Lagi-lagi tips kedua ini penting untuk dilakukan para pemilik hewan kesayangan.

“Ketiga, pastikan vaksin hewan kesayangan dalam kondisi update. Keempat, pastikan hewan dalam kondisi bebas dari parasit, kutu, dan cacing,” tambahnya.

Adapun tips terakhir adalah memberikan informasi sedetail mungkin mengenai kondisi hewan. Informasi ini mengenai alergi makanan, jenis makanan, hingga riwayat penyakit yang pernah diderita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.