Sukses

Cek Perubahan Jam Operasional Bandara SAMS Sepinggan pada Mudik Lebaran

Jelang arus mudik lebaran tahun 2022, PT Angkasa Pura I Balikpapan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menggelar rapat koordinasi Airport Security Committtee (ASC) yang pertama di tahun 2022. Rapat koordinasi ASC ini sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan meningkatkan keamanan di Bandara.

Liputan6.com, Balikpapan - Jelang arus mudik lebaran tahun 2022, PT Angkasa Pura I Balikpapan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menggelar rapat koordinasi Airport Security Committtee (ASC) yang pertama di tahun 2022. Rapat koordinasi ASC ini sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan meningkatkan keamanan di Bandara.

Dalam rapat koordinasi ini sejumlah pemangku kepentingan di lingkungan bandara hadiri, mereka yakni General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan, Kepala Badan Intilijen Negara daerah Kalimantan Timur, Perwakilan Komandan Pangkalan TNI AU Lanud Dhomber, Kepala Kepolisian Sektor Wilayah Sepinggan Balikpapan, Komandan Komando Rayon Militer Balikpapan Timur, Perwakilan Custom Imigration & Quarantine Balikpapan, Perwakilan Kepala Stasiun Meterologi Balikpapan, Kepala Biro Umum Sekertariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, General Manager Airnav dan Pimpinan masing-masing Airlines.

Dalam rapat koordinasi tersebut, General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Rika Danakusuma mengatakan sebagai amanah yang dituangkan pada KM 211 tahun 2020 tentang program keamanan penerbangan nasional di mana pelaksanaan ASC ditingkat Bandara dilaksanakan sekurang-kurangnya empat kali dalam setahun.

“Pada pertemuan kali ini kita baru melaksanakan pertemuan yang pertama. Pada rapat ASC kali ini kita membahas kesiapan dan pemberian keamanan pada para pelaku perjalanan serta pelaksanaan posko lebaran 1443 H tahun 2022”, ungkap Rika.

Selain itu, untuk mengatasi arus mudik lebaran tahun 2022, jam operasional Bandara Sepinggan yang sebelumnya dibuka pukul 07.00 hingga 18.00 Wita, kini diubah menjadi pukul 00.00 hingga 23.00 Wita. Hal ini dilakukan untuk mengatasi prediksi adanya lonjakan penumpang selama mudik lebaran. Terlebih kebijakan pelonggaran mudik pun diberikan oleh pemerintah baik dalam menggunakan angkutan darat, laut maupun udara.

“Pada kesempatan kali ini marilah kita bersama-sama menyiapkan personel dan perlengkapan dengan sebaik-baiknya serta menjalankan koordinasi berjenjang secara intens dalam upaya mengatasi permasalahan yang akan timbul demi menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna jasa,” sambungnya.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keamanan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan, Anung Bayumurti mengapresiasi atas penyelenggaraan rapat ASC, yang telah sesuai dengan apa yang diamanahkan oleh Peraturan Pemerintah. Anung juga menanggapi apa yang telah disampaikan General Manager Bandara SAMS Sepinggan terkait masalah keamanan di Bandara.

“Terkait keamanan di Bandara, pada kesempatan ini saya ingin menekankan bagi para pengantar ataupun penjemput baik dari instansi harus mematuhi batas-batas daerah keamanan terbatas sebagaimana yang telah ditetapkan,” timpalnya.

“Meskipun memiliki pass Bandara bukan berarti kita bebas masuk ke seluruh area Bandara namun tetap harus dalam pengawasan dari petugas Aviation Security serta memasuki area yang sesuai dengan kategori pass yang ada,” tambah Anung.

Rika juga menambahkan kegiatan rapat koordinasi ini dapat menjadi ajang bagi para stakeholder Bandara mempererat silaturahmi untuk meningkatkan koordinasi dan evaluasi yang bertujuan memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.