Sukses

Polda Kaltim Siapkan Vaksin di Posko Pelayanan Selama Mudik Lebaran

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Kaltim-Kaltara Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub memberikan perhatian khusus dalam pelaksanaan mudik lebaran tahun 2022 ini, khususnya di akses pintu keluar masuk.

Liputan6.com, Balikpapan - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Kaltim-Kaltara Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub memberikan perhatian khusus dalam pelaksanaan mudik lebaran tahun 2022 ini, khususnya di akses pintu keluar masuk.

Untuk itu, pihaknya menggelar rapat lintas sektoral untuk persiapan mudik di wilayah Kaltim, yang dihadiri Ditlantas Polda Kaltim, BMKG, ASDP, BBPJN, Jasa Raharja, ASDP hingga operator transportasi di Kaltim.

Kepala BPTD Wilayah XVII Kaltim, Avi Mukti Amin mengatakan sejauh ini telah menyiapkan sebanyak tiga posko terpadu selama periode mudik.

"Kami siapkan tiga posko. Ada di Terminal Batu Ampar, Pelabuhan Kariangau dan Terminal Samarinda. Dari instansi terkait juga seperti Ditlantas, ada posko pelayanan dan terpadu," ujar Avi, usai menggelar rapat koordinasi lintas sektoral angkutan lebaran, di ball room Grand Jatra Hotel Balikpapan saat rapat koordinasi, Kamis (21/4/2022).

Sejumlah titik yang menjadi perhatian khusus, yakni Pelabuhan Fery Kariangau Balikpapan dan Berau. Dua daerah ini jadi pintu keluar masuk Kaltim-Kalsel maupun Kaltim-Kaltara. "Nanti akan diawasi juga oleh tim di lapangan," katanya.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Mudik

Avi menyebut, puncak arus mudik, sesuai dengan prediksi nasional bakal terjadi pada Jumat (29/4/2022). Sementara arus balik kemungkinan akan terjadi pada 7-8 Mei 2022.

"Tapi kami belum bisa memprediksi berapa persen kenaikan jumlah pemudik tahun ini. Lonjakan pasti ada, karena dua tahun terakhir tidak ada mudik," sebut Avi.

Sementara itu, Kasubid Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim, Kompol Nyoman Sudiarta, menambahkan, kepolisian juga akan menyiapkan sejumlah posko selama periode mudik tahun ini. Yakni lima pos pelayanan, enam pos pengamanan dan 3 posko terpadu. Selain menyediakan informasi terpadu, pos di setiap pos pelayanan juga bakal menyediakan vaksin bagi para pemudik.

“Jadi pemudik yang belum mendapat vaksin nanti bisa mendapatkan vaksinasi di pos pelayanan kami,” timpal Nyoman.

Di samping itu, Ditlantas Polda Kaltim juga sudah mendata titik rawan di jalur mudik, baik rawan kecelakaan, tanah longsor, pohon tumbang maupun banjir. “Semua informasi nanti dapat dilihat di pos layanan Ditlantas Polda Kaltim,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.