Daftar Harga Bahan Pokok yang Dijual di Operasi Pasar Kota Cirebon

Oleh Panji Prayitno pada 23 Apr 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 23 Apr 2022, 07:00 WIB
Daftar Harga Bahan Pokok yang Dijual Pada Operasi Pasar di Kota Cirebon
Perbesar
Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengunjungi salah satu stand dalam pasar murah ramadhan di Tabalong. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Upaya mengendalikan inflasi Kota Cirebon di tengah naiknya harga bahan pokok terus dilakukan. Seperti operasi pasar murah yang digelar Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon di Taman Baca Cikalong (Tabalong). 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman menjelaskan, dalam operasi pasar murah Cirebon tersebut pihaknya melibatkan 15 pelaku usaha binaan pihaknya dan petani sayuran dari luar Kota Cirebon.

"Kalau pedagang binaan DKUKMPP, kalau petani sayuran dari binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon. Kami operasi pasar tiga hari terhitung 21-23 April 2022," jelasnya, Kamis (21/4/2022).

Para pedagang diminta menjual kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, bahkan lebih murah dari harga pasar. Sebab, tujuan operasi pasar murah untuk mengendalikan harga dan meningkatkan daya beli masyarakat. 

"Rata-rata harganya standar. Justru sayuran seperti cabai lebih murah di sini. Sebab langsung dari petani," katanya.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan, operasi pasar yang berlangsung pada 21-23 April 2022 tersebut digelar agar daya beli masyarakat terhadap bahan pokok masih terpenuhi menjelang Lebaran 2022. 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Daftar Harga

"Bentuk komitmen kami dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok," kata Eti Herawati, usai membuka operasi pasar.

Eti menjelaskan, operasi pasar sengaja digelar di Tabalong agar masyarakat bisa berwisata sekaligus berbelanja. Apalagi harga yang ditawarkan sangat terjangkau, bahkan lebih murah dari harga pasar. 

"Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," katanya. 

Menurut Eti, operasi pasar merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat. Mengingat, banyak ibu rumah tangga mengeluh dengan naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok. 

"Pemerintah hadir di tengah masyarakat. Semoga operasi pasar murah ini menjadi salah satu solusi bagi ibu rumah tangga," ujarnya. 

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Gatot Kurniawan menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi agenda rutin TPID Kota Cirebon sebagai upaya menstabilkan harga komoditas strategis yang memiliki andil inflasi.

"Seperti beras, ayam ras, dan cabai merah," katanya. 

Selain itu, Gatot juga menyatakan bahwa dalam menghadapi siklus tahunan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) ini diharapkan masyarakat tetap bijak berbelanja untuk mendukung stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan di pasar.

Berikut daftar harga bahan pokok pada Operasi Pasar di Tabalong Kota Cirebon:

- Bawang Merah Rp 20 ribu per kg

- Cabai Merah Besar Rp 16 ribu per kg

- Ayam Rp 35 ribu per kg

- Wortel Rp 12 ribu per kg

- Kentang Rp 10 ribu per kg

- Tomat Rp 4 ribu per pak

- Daun Bawang Rp 5 ribu per ikat besar

- Sawi Rp 3 ribu per ikat

- Timun Rp 4 ribu per pak

- Beras Tugu Padi Rp 55.000 per 5 kg

- Gula pasir Rp 13.500 per kg

- Terigu Rp 9.500 per kg

- Daging Kerbau Rp 85.000 per kg

- Migor Kemasan Rp 24.000 per liter

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya