Sukses

Pesantren Ramadhan, Kartini-Kartini Muda Banjarnegara Belajar Panahan

Yang istimewa, perayaan hari Kartini kali ini, bersamaan dengan Super Camp Pesantren Ramadhan 1443 H

Liputan6.com, Banjarnegara - Tanggal 21 April biasa diperingati sebagai hari Kartini. Kartini merupakan ikon pahlawan emansipasi wanita dalam memperjuangkan kesetaraan gender antara pria dan wanita.

Yang istimewa, perayaan hari Kartini kali ini, bersamaan dengan Super Camp Pesantren Ramadhan 1443 H SMP Islam Terpadu Permata Hati Banjarnegara. Siswa melakukan beragam kegiatan positif.

Salah satunya, belajar panahan. Para siswi kelas VII dan VIII, dilatih untuk belajar panahan bersama Mafaza Archery Club.

Dipandu oleh tiga instruktur panahan, puluhan siswa antusias mengikuti latihan panahan di lapangan Mafaza Archery club, desa Kasilib, Kecamatan Wanadadi. Kegiatan diawali dengan pemberian motivasi olahraga panahan.

"Pilihlah olahraga yang menyeimbangkan seluruh anggota tubuh, seperti memanah, berkuda dan berenang," Kata Jendra, coach panahan dari Mafaza Archery.

Materi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai teknik memanah. Kaki sejajar dan lebar menghadap ke kanan, kepala menghadap ke papan sasaran, tangan kanan menarik anak panah, dengan tiga jari (telunjuk, tengah dan kelingking), kemudian menempel ke pipi. Posisi tangan kanan dan anak panah harus sejajar.

Kegiatan panahan diawali dengan stretching untuk mengurangi cedera saat panahan. Satu per satu siswi mencoba panahan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga yang Disunahkan

Priyono, Waka Kesiswaan menjelaskan, belajar panahan yang merupakan salah satu olahraga yang disunahkan Nabi, dapat meningkatkan konsentrasi dan melatih kepercayaan diri para siswa, sehingga

"Di momen hari Kartini ini, diharapkan para siswa menjadi Kartini yang tangguh di masa kini dengan belajar olahraga panahan," katanya, di Banjarnegara, Kamis (21/4/2022).

Alya Tazkiyatun Nafisa, siswi kelas VIII putri mengatakan sudah dua kali ini belajar panahan. Menurut dia, olahraga ini cukup menantang.

"Ini kedua kalinya belajar panahan, setelah dulu pernah mencoba saat masih duduk di bangku SD. Cukup menantang, karena kita harus fokus saat melepas anak panah menuju ke sasaran. Semoga ada ekskul panahan setelah ini," Alya menuturkan.

Kegiatan panahan merupakan rangkaian kegiatan Super Camp Pesantren Ramadhan 1443 H di SMP Islam Terpadu Permata Hati Banjarnegara, yang bertepatan dengan hari Kartini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.