Sukses

Doa Saat Menerima Zakat Fitrah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Tidak hanya doa zakat fitrah bagi pemberinya, para golongan penerima zakat fitrah juga disunahkan untuk membaca doa saat menerima

Liputan6.com, Cilacap - Tidak hanya doa zakat fitrah bagi pemberinya, para golongan penerima zakat fitrah juga disunahkan untuk membaca doa saat menerimanya. Rasulullah SAW sendiri dalam haditsnya menganjurkan untuk mendoakan seseorang yang telah memberi zakat fitrah sebagai ucapan terima kasih.

Mengutip NU Online, Hal ini disampaikan oleh Syekh Nawawi Banten dalam karyanya Nihayatuz Zain dengan mengutip hadits Rasulullah SAW mengatakan, seyogyanya orang yang menerima zakat mendoakan mereka yang menyerahkan zakatnya.

Sesuai hadits Rasulullah SAW, “Siapa saja yang memberikan kebaikan kepadamu, maka balaslah kebaikannya. Jika kalian tidak sanggup membalasnya, doakanlah dia.”

Dengan kata lain, siapa saja yang berbuat kebaikan kepadamu, maka balaslah ia dengan kebaikan serupa. Jika kalian tidak sanggup, maka doakanlah ia dengan sungguh-sungguh hingga terwujud pembalasan kebaikan yang setara,”

Berikut ini beberapa doa bagi mereka yang menerima zakat sesuai anjuran Rasulullah SAW.

 

1. Doa Menerima Zakat Fitrah Alternatif Pertama

جَزَا كَ اللهُ خَيْرًاكَثِيْرًا

Arab-latin: “Jazakallahu khairan katsiran.”

Artinya: "Semoga Allah memberimu balasan kebaikan yang banyak."

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Alternatif dan Doa Menerima Zakat Fitrah dari Syekh Nawawi Banten

2. Doa Menerima Zakat Fitrah Alternatif Kedua

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِمْ

Arab-latin : “Allaahumma shaalli 'alaihim.”

Artinya : "Ya Allah, berilah rahmat atau berkah atas mereka. (HR.Bukhari).”

 

3. Doa Menerima Zakat Fitrah Alternatif Ketiga

آجَرَكَ اللَّهُ فِيْمَا أعْطَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُورًا وَبَارَكَ لَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ

Arab-latin: “Ajarakallahu fiimaa a'thaita wa ja'alahuu laka thahuuraa wa baaraka laka fiimaa abqaita.”

Artinya: "Semoga Allah memberikan ganjaran pahala terhadap harta yang telah engkau berikan dan menjadikannya penyuci bagimu, serta semoga Allah memberikan keberkahan hartamu yang masih tersisa padamu."

 

4. Doa menerima Zakat Fitrah dari Syekh Nawawi Banten

طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ

Arab-latin: “Thahharallaahu qalbaka fii qulūbil abraar, wa zakkaa ‘amalaka fii ‘amalil akhyaar, wa shallaa ‘alaa ruuhika fii arwaahis syuhadaa’.

Artinya, “Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid.”

Demikian ragam do’a ketika menerima zakat fitrah. Semoga Allah SWT menerima zakat para muzakki dan menerima do’a para mustahik (penerima) zakat.

Penulis: Khazim Mahrur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.