Sukses

Binda Jateng Geber Vaksinasi Jelang Lebaran, 29 Ribu Warga Sehari

Mengingat banyaknya warga asal Jateng yang merantau ke daerah lain di seluruh Indonesia, Jateng juga kemungkinan termasuk daerah yang akan menerima jumlah pemudik terbesar saat libur Lebaran nanti.

Liputan6.com, Semarang - Dengan jumlah penduduk yang sangat besar, Jawa Tengah bisa jadi merupakan daerah yang menyuntikkan vaksin terbanyak dalam sehari.

Menurut data Badan Intelijen Negara Daerah Jawa Tengah (Binda Jateng), vaksinasi Covid-19 secara massal dan serentak di 29 kabupaten dan 6 kota se-Jateng bisa melayani hingga 29.000 warga. Seperti yang berhasil dilakukan Kamis lalu (21/4/2022).

Menurut Kepala Binda (Kabinda) Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto, pihaknya memang mendorong intensifikasi vaksinasi di Jateng agar jumlah warga yang tervaksinasi bisa meningkat tajam jelang Lebaran ini, baik untuk menuntaskan target dosis primer (suntikan pertama dan kedua) maupun dosis booster atau suntikan ketiga.

"Kita dorong semua petugas kesehatan untuk membuka layanan vaksinasi baik pagi, siang, maupun malam di berbagai tempat yang mudah didatangi masyarakat ramai sehingga mereka yang memang sudah saatnya menerima vaksin, baik dosis primer maupun dosis penguat atau booster bisa segera divaksin," ujar Sondi Jumat (22/4/2022).

Mengingat banyaknya warga asal Jateng yang merantau ke daerah lain di seluruh Indonesia, Jateng juga kemungkinan termasuk daerah yang akan menerima jumlah pemudik terbesar saat libur Lebaran nanti.

Karena itulah, menurut Kabinda, upaya meningkatkan kualitas kekebalan komunal di daerah ini menjadi sangat penting. Kekebalan komunal yang baik akan meminimalisir risiko penularan Covid-19 yang sangat mungkin terjadi di dalam interaksi sosial yang sangat tinggi.

“Oleh karena itu, kami bersama dinas kesehatan di semua tingkatan dan di semua daerah se Jateng akan fokus menggelar vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, mulai dari usia 11 tahun, remaja, dewasa, hingga lansia,” lanjut Sondi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posko Keamanan

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng) akan siapkan ratusan posko keaman dan pelayanan, hingga fasilitas vaksinasi di rest area tipe A untuk menyambut mudik Lebaran tahun 2022.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryo Nugroho mengatakan menyambut mudik lebaran pada tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan ratusan posko keamanan dan pelayanan yang akan ditempatkan di setiap rest area tol ataupun non tol. Dirlantas menyampaikan penyediaan posko tersebut sebagai salah satu wujud kesiapan pihaknya untuk menghadapi arus lalu lintas ketika mudik.

"Kalau posko keamanan dan pelayanan ada 251 posko seluruh Jawa Tengah terutama nanti kita tempatkan di rest area yang di tol dan juga di non tol, juga tempat-tempat tertentu yang strategis untuk antisipasi arus lalu lintas," kata Agus Suryo Nugroho kepada Liputan6 melalui sambungan telepon, Rabu (20/4/20220).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.