Sukses

Tips Aman Mudik Lebaran dari Polda Riau

Polda Riau mengingatkan kepada masyarakat agar hati-hati saat mudik lebaran dengan memperhatikan beragam hal ini sebelum berangkat.

Liputan6.com, Pekanbaru - Puasa Ramadhan sudah memasuki hari-hari terakhir sehingga masyarakat mulai mempersiapkan penyambutan Lebaran Idul Fitri. Salah satunya dengan melakukan mudik karena pemerintah sudah memperbolehkannya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Riau memperkirakan arus mudik lebaran segera berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Kepolisian kemudian mengingatkan masyarakat akan beberapa hal agar selalu selamat sampai tujuan.

"Pertama, kami menghimbau kepada warga untuk tidak terlalu euforia," kata Direktur Lalu Lintas Polda Riau Komisaris Besar Firman Darmansyah, Rabu siang, 20 April 2022.

Selain itu, Firman juga meminta pemudik agar memperhatikan kesehatan kesehatan kendaraan yang digunakan. Kendaraan harus prima dan dilengkapi dengan surat-surat yang sah.

"Cek kesehatan kendaraan, rem, lampu serta lainnya, kepada pengendara untuk tidak kebut-kebutan dalam perjalanan mudik dan tetap utamakan keselamatan dari pada kecepatan," tegas Firman.

Pada tanggal 28 April nanti, Polda Riau akan melakukan operasi Ketupat dan melakukan pengawasan dan pengawalan bagi warga yang ingin mudik. Tujuannya mengawal warga yang ingin mudik dengan selamat.

"Jadi jika ngantuk saat berkendara, istirahat, jangan paksakan biar selamat sampai tujuan," jelas Firman.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto menghimbau pemudik agar melakukan vaksin penuh (booster). Tujuannya agar terhindar dari infeksi virus corona.

"Kemudian juga untuk menjaga keluarga di kampung, selalu terapkan protokol kesehatan," ucap Sunarto.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.