Sukses

Hasil Survei, 125 Lokasi Masuk Kategori Jalan Nasional di Sumut Alami Kerusakan

Direktorat Lalu Lintas bersama Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut melakukan survei jalan rusak dan tahap perbaikan. Pada survei Minggu, 17 April 2022, ditemukan 125 lokasi jalan yang masuk kategori jalan nasional mengalami kerusakan.

Liputan6.com, Medan Direktorat Lalu Lintas bersama Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut melakukan survei jalan rusak dan tahap perbaikan. Pada survei Minggu, 17 April 2022, ditemukan 125 lokasi jalan yang masuk kategori jalan nasional mengalami kerusakan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumut, Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto, yang turun langsung mengecek jalan di Sumut, mengatakan, dari jumlah lokasi tersebut, 80 lokasi jalan sedang dalam perbaikan, dan 45 lokasi jalan lainnya belum diperbaiki.

"Kalau diukur, panjangnya ada 2.632,22 kilometer jalan di Sumut yang masuk kategori jalan nasional," kata Indra, Selasa (19/4/2022).

Sementara untuk jalan yang masuk kategori jalan provinsi, dari 3.005,63 Km yang pemeliharaannya merupakan tanggung jawab provinsi, ada 72 lokasi jalan yang ditemukan mengalami kerusakan.

"12 lokasi sedang dalam tahap perbaikan. Sedangkan 60 lokasi lainnya belum mendapatkan perbaikan," terangnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi Survei

Diterangkan Dirlantas Polda Sumut, Indra Darmawan, survei dilakukan di Jalan Jamin Ginting Km 28-29 Dusun II, Desa Bingkawang, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Jalan Jamin Ginting Km 46-47 Desa Suka Makmur, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang.

Kemudian Jalan Tongkoh, Tiga Panah, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo, dan di Jalan Jamin Ginting Km 49-50 Tikungan Amoi. Survei dilakukan Dirlantas bersama Direktur Reserse dan Kriminal Khusus (Direskrimsus) Kombes Pol John Charles Edison Nababan.

"Pengecekan langsung dilakukan biar nanti ketika ada temuan jalan yang pengerjaannya belum selesai dan belum sesuai, bisa koordinasi dengan kontraktor untuk percepatan, demi kepentingan keselamatan dan keamanan para pengguna jalan," terangnya.

3 dari 3 halaman

Diharapkan Selesai Jelang Lebaran

Untuk jalan nasional yang belum diperbaiki diharapkan pada H-7 hingga H-5 lebaran sudah mendapatkan perbaikan. Untuk jalan provinsi yang masih banyak belum diperbaiki, juga diharapkan mulai minggu ini dilakukan penambalan.

"Ditargetkan pengerjaannya hingga H-7 lebaran," sebut Indra.

Survei jalan rusak dan tahap perbaikan juga dilakukan Kasubdit Ditlantas beserta Kasat Lantas di jajaran Polda Sumut, diantaranya di Kabupaten Langkat, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Asahan, serta jalan yang masuk perbatasan Mandailing Natal-Tapanuli Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.