Sukses

Bangunan Ruko Ambruk, Karyawan Terjebak

Sebuah Ruko Tiga petak di Jalan Ahmad Yani KM 14, poros Banjarmasin-Banjarbaru, Kalimantan Selatan ambruk, rata dengan tanah.

Liputan6.com, Banjarmasin - Sebuah Ruko Tiga petak di Jalan Ahmad Yani KM 14, poros Banjarmasin-Banjarbaru, Kalimantan Selatan ambruk, rata dengan tanah. Dua petak dikelola oleh ritel modern Alfamart.

Belum ada informasi dari instansi terkait akibat musibah tersebut. Kejadiannya persis menjelang waktu berbuka puasa, Senin sore (18/4/2022).

Diduga pembeli dan petugas tertimbun tidak sempat keluar dari bangunan saat kejadian. Kondisi ritel modern tersebut saat kejadian dalam suasana terbuka dan melayani pembeli.

Kasubbid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Saefudin Dinarja membenarkan laporan dari staf BPBD  Kalsel yang terjun ke lokasi kejadian. Tim terjun ke lokasi dibekali dengan peralatan milik BNPB yang dipergunakan oleh BPBD Kalsel .

"Alhamdulillah alat pemotong dari BNPB bisa menyelamatkan nyawa manusia," ujar Hanafi, staf BPBD di grup WA Pusdalops Kalsel.

Hingga pukul 21.00 WITA, petugas bersama relawan sedang melakukan pencarian korban. Selain Tim BPBD Kalsel, hadir juga BPBD Banjarmasin, Banjarbaru dan Banjar serta Basarnas masih melakukan evakuasi.

"Alhamdulillah 1 orang karyawati Alfamart bisa dievakuasi dan selamat, tinggal 1 orang wanita dan 1 pria yang sudah meninggal masih dalam proses penyelamatan," sebut Dinarja.

Proses evakuasi, selain menggunakan alat pemotong runtuhan, juga menggunakan crene. Petugas bersama warga melakukan evakuasi.

Akibat kejadian itu, kemacetan di jalan Ahmad Yani KM 14 berimbas akibat aktivitas evakuasi. Disebutkan jika arus lalulintas dilakukan buka tutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.