Sukses

Pemudik Bakal Padati Pelabuhan Semayang, Waspada Calo Tiket 'Bergentayangan'

Diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang kapal yang melewati Pelabuhan Semayang Balikpapan hingga 200 persen, pada mudik tahun 2022.

Liputan6.com, Balikpapan - Diprediksi terjadi peningkatan jumlah penumpang kapal yang melewati Pelabuhan Semayang hingga 200 persen, pada mudik tahun 2022. Hal ini membuat pihak Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang akan mempertebal personel di area Pelabuhan Semayang.

KSOP Kelas I Balikpapan sendiri sudah memprediksi, akan ada 35 ribu-40 ribu penumpang yang akan menggunakan transportasi laut di Pelabuhan Semayang.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang, AKP Abu Sangit mengatakan, pihaknya bakal menyiagakan personel di Pelabuhan Semayang, untuk mendukung keamanan selama periode mudik lebaran 2022.

Abu Sangit menegaskan pihaknya bakal memberi perhatian khusus terhadap calo tiket yang biasa muncul jelang lebaran. "Iya pasti calo akan berusaha kami tekan (keberadaannya)," tegas Abu Sangit pada Senin (18/4/2022).

Selain calo tiket, Abu Sangit juga bakal mengawasi calon penumpang yang membawa barang-barang terlarang seperti senjata tajam (sajam), senjata api maupun narkotika. "Kalau ada temuan akan ditindak sesuai ketentuan," katanya.

Meski sudah sering diamankan dan diberikan imbauan, sambung Abu Sangit, masih ada saja calon penumpang yang membawa barang terlarang ke pelabuhan. Memang, kata Abu Sangit, sajam ini biasanya merupakan perlengkapan berkebun dan bukan untuk keperluan kriminal.

"Tapi sesuai aturan tetap tidak boleh dibawa naik kapal. Jadi biasanya kami sita dan kami beri surat, nanti kalau sudah balik ke sini (Balikpapan) bisa diambil di Polsek Semayang," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.