Sukses

Aceh Tenggara Dilanda Banjir Bandang

Setelah menerjang pada awal tahun ini, banjir bandang kembali menghantam Aceh Tenggara, simak beritanya:

Liputan6.com, Aceh - Lima kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara dilanda banjir bandang, Minggu, 17 April 2022. Meski tidak dilaporkan adanya kantong pengungsian bentukan otoritas, tetapi sejumlah warga setempat dilaporkan mengungsi ke rumah sanak saudara mereka.

Staf Pusat Data dan Informasi, Haslinda Juwita, mengatakan bahwa banjir bandang di Aceh Tenggara disebabkan jebolnya tanggul Sungai Lawe Kinga sehingga air sungai meluap.

"Dan terjadi pendangkalan serta tersumbat di jembatan di kecamatan yang terdampak akibat kayu yang dibawa arus sehingga mengakibatkan banjir ke pemukiman warga serta Ponpes Nurul Islam, dan menghambat Jalan Nasional," terang Haslinda, dalam keterangan yang diterima Senin (18/4/2022).

Kecamatan yang dilanda banjir bandang yakni Kecamatan Bambel, Semadam, Lawe Sigala-gala, Lawe Sumur, dan Babul Makmur. Terdapat belasan desa terdampak yang tersebar di lima kecamatan tersebut.

Selain merusak sejumlah infrastruktur, puluhan rumah dilaporkan rusak sedang. Bahkan, otoritas melaporkan adanya balai pengajian yang hancur.

Januari tahun ini banjir bandang juga melanda kecamatan-kecamatan tersebut kendati ada beberapa kecamatan lain yang tercatat di sana, yaitu, Lawe Bulan dan Bukit Tusam.

Banjir bandang awal tahun itu ikut membawa lumpur dan material kayu ke permukiman warga. Sebanyak 1.649 jiwa dilaporkan terdampak banjir di Kecamatan Bukit Tusam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.