Sukses

Ketahui 5 Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Berdasar Hadis Nabi

Salah satu tanda datangnya malam Lailatul Qadar ialah kondisi malam yang tentram dan tenang

Liputan6.com, Cilacap - Pada bulan Ramadan, umat Islam sangat menantikan datangnya malam Lailatul Qadar. Sebab malam Lailatul Qadar merupakan malam istimewa yang lebih baik dari seribu bulan. Setiap ibadah atau amal sholih yang dilakukan pada malam itu akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Demikian halnya dengan doa yang dipanjatkan berpotensi dikabulkan Allah SWT. Akan tetapi, untuk mendapatkan malam tersebut tidak mudah. Sebab tidak semua orang dapat menjumpai malam yang mulia tersebut. Meskipun demikian, untuk mendapatkannya kita tidak boleh putus asa.

Salah satu cara untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar ialah mengetahui tanda-tanda datangnya malam tersebut. Adapun tanda-tanda kehadiran malam Lailatul Qadar dapat diketahui berdasarkan informasi yang disandarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar berdasaran hadis Nabi SAW yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Keadaan Malam Yang Tentram dan Tenang

Salah satu tanda datangnya malam Lailatul Qadar ialah kondisi malam yang tentram dan tenang. Hal tersebut dapat dirasakan jika kita memiliki kepekaan akan kondisi itu.

Ibnu Abbas radliyallahu’anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Lailatul Qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah."

Malaikat-malaikat yang turun ke bumi membawa kebaikan-kebaikan yang lantas memberikan suasana bersahabat dan membuat suasana malam tampak bercahaya meski tak ada sinar bulan atau cahaya lain yang menerangi. Orang-orang yang menemukan malam ini akan merasa sangat tenang, lebih khusyuk dalam beribadah dan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.

 

2. Kondisi Cuacanya Yang Tidak Begitu Panas dan Dingin

Tanda lain datangnya malam Lailatul Qadar Berdasarkan informasi tersebut malam Lailatul Qadar ini ditandai dengan cuaca pada malam itu yang tidak ekstrim (terlalu panas atau dingin). Kondisi tersebut tentunya menambah kenyamanan dan kesyahduan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda tentang Lailatul Qadar, "Yaitu malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan." (H.R. Imam Al Baihaqi).

Saksikan Video Pilihan Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Malam Yang Cerah dan Matahari Terbit Dengan Teduh

3. Malam Yang Cerah dan Matahari Terbit Dengan Teduh

Selanjutnya, datangnya malam Lailatul Qadar itu ditandai dengan malam yang cerah serta keesokan harinya matahari terbit dengan teduh tanpa sinar yang kuat seperti biasanya dengan sinar yang memancar di segala penjuru.

Rasulullah SAW bersabda, "Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru." (HR. Muslim).

 

4. Malam yang Terang dan Tenang

Tanda lain untuk mengetahui datangnya malam Lailatul Qadar, bahwa pada malam itu suasahanya penuh ketenangan dan berbeda dari malam-malam lain. Langit terlihat terang meskipun tidak ada sinar bulan.

"Lailatul Qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)." (HR. at-Thabrani)

 

5. Bulan Terlihat Separuh

Selanjutnya, dalam sebuah riwayat Abu Hurairah, dia pernah berdiskusi dengan Nabi Muhammad tentang Lailatul Qadar. Dan Rasulullah bersabda yang artinya,"Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan."

Demikianlah tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar. Gambaran suasana pada malam hari atau keesokan harinya dapat memberikan pengetahuan kepada kita dapat menjumlai dan merasakan kehadiran tamu agung nan istimewa yakni malam Lailatul Qadar. Semoga kita dapat menjumpai malam kemuliaan ini. Penulis: Khazim Mahrur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.