Sukses

Dukungan kepada Mahasiswa Yogyakarta Jelang Mudik Lebaran, Vaksinasi Malam Hari Siapa Takut?

Vaksinasi booster menjadi syarat melakukan perjalanan untuk mudik Lebaran bagi masyarakat, tak terkecuali mahasiswa Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Vaksinasi booster menjadi syarat melakukan perjalanan untuk mudik Lebaran bagi masyarakat, tak terkecuali mahasiswa Yogyakarta. Oleh karena itu, Ikatan Alumni Geologi (IKAGEO) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) DIY menunjukkan dukungannya dengan mengadakan vaksinasi booster malam hari di Sahid Raya Hotel And Convention Yogyakarta, Jumat (15/4/2022).

Ada sekitar 300 vaksin booster Astrazeneca yang disediakan. Selain mahasiswa, kegiatan ini juga diikuti masyarakat sekitar.

Menurut Rektor ITNY Ircham, kegiatan IKAGEO ini menjadi bentuk kepedulian dan kepekaan terhadan kebutuhan mahasiswa.

“Mengapa dilakukan malam hari? Karena ini bulan puasa, takut ada yang batal (kalau siang atau pagi hari),” ujarnya di sela-sela kegiatan vaksinasi booster malam hari di Yogyakarta.

Secara teknis, vaksinasi booster malam hari dimulai pukul 17.00 WIB. Pertimbangannya, mahasiswa Yogyakarta yang tidak berpuasa bisa mengakses vaksinasi lebih dulu. Sementara, mereka yang berpuasa bisa mengikuti vaksinasi setelah berbuka puasa.

Koordinator vaksinasi BIN DIY Adi Riyanto bekerja sama dengan IKAGEO ITNY untuk percepatan vaksinasi. Terlebih, DIY menjadi daerah tujuan wisata dan mudik saat libur Lebaran.

“Sampai saat ini booster DIY 26 persen, semua melakukan percepatan,,kami siap menerima pemudik,” ucapnya.

BIN DIY baru pertama kali ini mengadakan vaksinasi booster malam hari. Namun, kegiatan serupa akan kembali digelar BIN DIY dengan sasaran masyarakat dan mahasiswa.

Wakil Ketua IKAGEO ITNY Mudor Musa merasa terpanggil untuk berkontribusi terhadap masyarakat.

“Khususnya di masa pandemi, IKAGEO ingin memberikan manfaat untuk masyarakat,” tuturnya.

Stefani, mahasiswi jurusan teknik pertambangan ITNY, mengikuti vaksinasi booster malam hari untuk kepentingan mudik. Ia berencana akan mudik ke Bengkulu sekitar akhir April 2022.

“Kebetulan ada informasi dari kampus, jadi ikut vaksinasi booster ini saja,” kata Stefani.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.