Sukses

Alunan Musik Angklung Siap Getarkan Markas AC Milan

Rumah Angklung dan Milanisti Indonesia akan tampil di markas klub sepakbola Italia AC Milan pada 12 Mei 2022.

Liputan6.com, Palangka Raya - Kesenian musik angklung asal Indonesia sebentar lagi akan menggetarkan Italia. Komunitas seni Rumah Angklung yang berkolaborasi dengan Milanisti Indonesia (MI), akan berangkat pada bulan Mei 2022 mendatang untuk tampil di markas Klub Serie A Liga Italia, AC Milan.

Kabar ini pertama kali diunggah di akun Instagram Rumah Angklung dan MI pada Kamis (14/4/2022). Milan dikatakan telah mengirim undangan resmi kepada mereka agar datang ke Casa Milan dan memberikan penampilan terbaiknya.

Tim yang dijuluki I Rossoneri tersebut rencananya akan memberikan kesempatan kepada Rumah Angklung dan Milanisti Indonesia untuk tampil di markas AC Milan yakni Casa Milan pada 12 Mei 2022 mendatang atau tiga hari sebelum laga kandang melawan klub Atalanta. Seperti yang tertera dalam akun Instagram resmi mereka @milanistiorid.

"Here We Go!! Kesempatan itu datang juga. Secarik kertas yang merupakan undangan resmi dari Manajemen Milan akhirnya kami terima," tulis keduanya.

Mereka juga menceritakan proses komunikasi intens dengan manajemen klub hingga akhirnya resmi mendapatkan undangan tersebut. Berbeda dengan kedatangan Rumah Angklung sebelumnya ke Italia tahun 2019 lalu, mereka akan mempersembahkan penampilan instrumen lagu Milano Siamo Noi, dalam alunan musik angklung.

"Di awali dari pembuatan lagu Milano Siamo Noi khusus untuk Milan, lalu dilanjut komunikasi intens antara Milanisti Indonesia dengan Manajemen Milan, tim Milanphoria (re : kolaborasi Milanisti Indonesia dan Rumah Angklung) butuh waktu 1,5 tahun untuk mendapatkan kesempatan diundang dan akan tampil di Casa Milan untuk program Milan TV pada tanggal 12 Mei nanti.” ungkapnya.

Selain itu karya mereka rencananya akan disiarkan ke seluruh dunia dan ditampilkan melalui videotron di Stadion San Siro pada saat Rossoneri tampil. "Program ini rencananya akan broadcast (disiarkan) ke seluruh dunia dan juga akan ditampilkan di videotron Stadion San Siro pada saat Milan tampil di kandang," MI melanjutkan.

Baik Rumah Angklung maupun MI juga berharap dukungan dari berbagai pihak agar persiapan mereka lancar dan bisa mewujudkan kesempatan langka tersebut. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim serta Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Indonesia ditandai atau di-tag dalam unggahan mereka.

“Namun perjuangan ini masih panjang. Di tenggat waktu yang singkat, kami perlu mempersiapkan hal teknis dan non teknis. Jadi diperlukan dukungan dari seluruh pihak baik pemerintah maupun swasta serta semua Milanisti agar mimpi ini dapat terealisasi.” imbuhnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warisan Budaya Indonesia

Dalam penampilannya kali ini mereka juga mewakili bangsa Indonesia, karena dapat memperkenalkan Angklung sebagai warisan budaya Indonesia yang sudah diakui UNESCO (Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan).

"Semoga dimudahkan jalannya dan penampilan Rumah Angklung nanti bukan hanya mewakili Milanisti tapi juga mewakili bangsa Indonesia karena dapat memperkenalkan Angklung sebagai warisan budaya Indonesia yang sudah diakui UNESCO. When Culture Become Pride!!!", tulis akun Rumah Angklung dan MI di akhir deskripsi singkat (caption).

Seperti diketahui, saat ini AC Milan masih memimpin klasemen Serie A dengan koleksi 68 poin di atas Inter Milan dan Napoli. Menyisakan enam laga lagi sebelum tutup musim 2021/2022, Rossoneri bakal menjamu Genoa pada Sabtu (16/4/2022) pukul 02.00 WIB dini hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.