Sukses

Polres Pemalang dan Kebumen Jamin Keamanan Perayaan Paskah

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo mengatakan, Polres Pemalang siap memberikan pelayanan pengamanan selama perayaan paskah umat kristen dan katholik di Kabupaten Pemalang

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjamin keamanan selama perayaan paskah, polisi menggelar sterilisasi tempat ibadah dan lokasi strategis lainnya. Seperti dilakukan di Kebumen dan Pemalang.

Polres Pemalang melaksanakan sterilisasi menggunakan metal detektor dan menerjunkan unit K9 ke gereja-gereja di wilayah Kabupaten Pemalang, Rabu (13/4/2022).

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo mengatakan, Polres Pemalang siap memberikan pelayanan pengamanan selama perayaan paskah umat kristen dan katholik di Kabupaten Pemalang.

"Sebelum pelaksanaan ibadah, Polres Pemalang melaksanakan sterilisasi untuk memastikan tidak ada benda mencurigakan dan membahayakan, baik di ingkungan luar maupun dalam gereja,” kata Kapolres, dalam keterangannya, dikutip Kamis (14/4/2022).

Dalam pengamanan rangkaian hari raya Paskah, Kapolres Pemalang mengatakan, Polres Pemalang akan menempatkan personil pengamanan di setiap gereja, baik secara terbuka maupun tertutup.

“Bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah, Polres Pemalang akan melaksanakan pengamanan rangkaian hari raya paskah secara maksimal dan proporsional,” kata Kapolres.

“Kami ucapkan selamat hari raya paskah, semoga seluruh rangkaian ibadah paskah dapat berjalan aman dan kondusif,” ucap dia.

Di sela kegiatan sterilisasi di Gereja Santo Lukas Pemalang, Romo Suryo menyampaikan ucapan terima kasih pada Polres Pemalang yang telah mempersiapkan pengamanan hari raya paskah dengan baik.

“Kami ucapkan terima kasih, Ini menunjukkan kesungguhan Polri, sebagai representasi negara hadir memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Romo Suryo.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan Paskah di Kebumen

Sementara, di Kebumen, Sat Samapta Polres Kebumen melakukan sterilisasi di Gereja St. Yohanes Maria Vianney Kebumen, menjelang ibadah kamis putih .

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha, hal ini dilakukan untuk memastikan gereja aman sebelum dilakukan ibadah.

Sterilisasi dilakukan mulai dari luar gereja, menggunakan alat metal detektor dilanjutkan masuk ke dalam gereja di tempat ibadah.

Anjing pelacakan Unit K9 Polres Kebumen juga diterjunkan untuk ikut sterilisasi pada kesempatan itu.

"Satu jam sebelum dilakukan ibadah, gereja harus steril dan aman. Ini juga sesuai dengan SOP, sterilisasi menggunakan alat metal detektor," jelas Aiptu Catur.

Lanjut Aiptu Catur, sterilisasi dilakukan agar para jamaah merasa lebih aman saat ibadah.

Selain Gereja St. Yohanes Maria Vianney Kebumen, di gereja-gereja lain juga dilakukan sterilisasi oleh Polsek jajaran.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama bersama Forkopimda monitoring langsung kesiapan personel pengamanan ke gereja-gereja.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.