Sukses

Belajar Membatik Sambil Menengok Warisan Budaya Nusantara di Museum Batik Pekalongan

Kehadiran Museum Batik di Pekalongan sebagai upaya untuk menjaga warisan dan tradisi nenek moyang yang sangat sarat akan nilai-nilai budaya. Sebab, batik adalah salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Liputan6.com, Pekalongan - Berbicara Pekalongan, Jawa Tengah, seketika kita teringat dengan Kota Batik. Memang Kota Batik merupakan julukan yang sudah lama menjadi identitas Pekalongan.

Salah satu faktor julukan Kota Batik tersemat pada Pekalongan lantaran warga lokalnya banyak yang memproduksi batik, baik dengan cara tradisional maupun modern. Bahkan, batik-batik karya tangan kreatif warga Pekalongan ini menjadi ikon nusantara.

Sebagai Kota Batik, Pekalongan memiliki Museum Batik yang berada di Jalan Jetayu No. 1 Pekalongan, Jawa Tengah. Museum Batik Pekalongan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada 12 Juli 2006. 

Kehadiran Museum Batik di Pekalongan sebagai upaya untuk menjaga warisan dan tradisi nenek moyang yang sangat sarat akan nilai-nilai budaya. Sebab, batik adalah salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Bangunan yang ditempati Museum Batik Pekalongan adalah bangunan peninggalan Belanda yang telah berdiri sejak tahun 1906. Bangunan tersebut awalnya berfungsi sebagai kantor administrasi keuangan pabrik gula yang berada di sekitar area karisidenan Pekalongan.

Jadi jangan heran, kalau memasuki Museum Batik Pekalongan pengunjung akan merasakan nuansa bangunan Belanda.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koleksi dan Tiket Masuk Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan memamerkan koleksi batik dari batik tua hingga modern. Batik-batik tersebut ada yang berasal dari daerah pedalaman, daerah pesisiran, daerah Jawa pesisiran, bahkan ada dari berbagai daerah di nusantara seperti Sumatera, Kalimantan, hingga Papua.

Museum Batik Pekalongan dilengkapi dengan berbagai koleksi alat membatik. Kamu akan menemukan beragam jenis canting, lilin malam, wajan, saringan, dan lain sebagainya. 

Selain untuk mengabadikan batik nusantara, Museum Batik Pekalongan juga berfungsi sebagai pusat pelatihan dan pembelajaran membuat batik. Pengunjung baik masyarakat umum maupun para pelajar dapat berlatih membatik di museum ini.

Jika tertarik belajar membatik, pengunjung akan dibimbing oleh pelatih yang sudah ahli dalam membatik. Alat-alat membatik termasuk kain putih sudah disediakan di museum ini.

Berkunjung ke Museum Batik Pekalongan tidak gratis. Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk Rp2.000 untuk anak-anak dan Rp5.000 untuk dewasa. Pembayaran tiket masuk ini sepadan dengan layanan dan fasilitas lengkap yang tersedia di museum ini.

Penulis: Dian Ashfi Furoida

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.