Sukses

200 Ribu Warga Kabupaten Cirebon Bakal Mudik Lebaran, Begini Persiapan Polisi

Dalam menghadapi arus mudik, Polresta Cirebon sudah menyiapkan berbagai macam sarana prasarana untuk membuat pemudik merasa aman.

Liputan6.com, Cirebon - Berbagai persiapan dilakukan jajaran Polresta Cirebon mengawal kelancaran arus mudik Lebaran 2022. Ratusan ribu warga Kabupaten Cirebon diprediksi akan pulang ke kampung pada libur Lebaran 2022.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arief Budiman mengatakan, antusiasme warga Kabupaten Cirebon yang ada di perantauan untuk pulang kampung sangat tinggi. Terlebih, selama dua tahun pemerintah melarang kegiatan mudik lebaran imbas covid-19.

Arief memprediksi sekitar 200 ribu warga Kabupaten Cirebon akan pulang kampung dalam arus mudik lebaran 2022. Dalam menghadapi arus mudik, Polresta Cirebon sudah menyiapkan sarana prasarana.

"Kami sudah melaksanakan pengecekan kesiapan sarana prasarana. Dari rambu, marka dan keseluruhan terkait skema pengamanan," ujar Arief Budiman, Rabu (13/4/2022).

Arief menjelaskan, Cirebon memiliki jalur mudik cukup panjang sekitar 40 sampai 50 kilometer mulai dari perbatasan Losari Brebes maupun Indramayu. Oleh karena itu, persiapan pengamanan arus mudik juga berkoordinasi dengan jajaran polres lain di Ciayumajakuning.

Dia mengatakan, sudah menghitung ulang penggal jalan di media jalan termasuk titik yang menjadi jalur alternatif pemudik di jalur arteri. Skema pengaturan lalu lintas seperti oneway maupun contraflow sepenggal di jalur arteri tengah dimatangkan.

"Misalnya di kawasan Pasar Minggu Palimanan terbagi menjadi empat jalur, tiga jalur ke timur, satu ke arah barat. Kami koordinasi dengan satuan polres lain untuk membentuk keseragaman cara bertindak," ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rambu-Rambu

Jajaran Polresta Cirebon juga akan mengecek kelaikan jalan yang diperkirakan akan dilalui pemudik. Arief mengaku, ada penambahan sejumlah rambu di beberapa titik ruas jalan dan sudah disiapkan.

Selain itu, pihaknya menyebutkan siap melakukan onewaya di kawasan jalan layang Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon. Untuk jalur mudik yang terpantau masih rusak, Polresta Cirebon sudah berkoordinasi dengan Dinas PU agar segera diperbaiki.

"Ada sekitar 400 rambu-rambu dan dan 500 barier serta petunjuk arah sudah kami siapkan. Hasil akhirnya akan kami cek ulang apakah sudah terpasang atau jalur tersebut sudah bisa dilintasi pemudik," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.