Permudah Transaksi Pembayaran, PT INTI Luncurkan Aplikasi INTIPay

Oleh Huyogo Simbolon pada 12 Apr 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 12 Apr 2022, 10:00 WIB
INTIPay
Perbesar
PT INTI (Persero) meluncurkan aplikasi INTIPay. (Foto: Humas PT INTI)

Liputan6.com, Bandung - Untuk menggenjot sektor bisnis financial technology atau fintech, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau biasa disebut PT INTI (Persero) telah meluncurkan aplikasi bertajuk INTIPay. Aplikasi ini merupakan sebuah layanan payment point online banking (PPOB) berbasis aplikasi yang memungkinkan transaksi keuangan terkoneksi dengan perbankan secara online dan real time sehingga rekonsiliasi data terjadi secara cepat dan akurat.

"Aplikasi INTIPay ini menjadi sistem yang melengkapi kefungsian perangkat buatan PT INTI bernama Identik AE01, yang telah banyak digunakan di perbankan, perusahaan operator seluler, dan lembaga negara terkait perlindungan tenaga kerja," kata Direktur Utama PT INTI (Persero) Otong Iip dalam keterangan tertulis, Senin (11/4/2022).

Dalam implementasinya, INTIPay yang dijalankan secara langsung oleh anak perusahaan PT INTI yaitu PT INTI Konten Indonesia (INTENS) ini, dapat digunakan oleh masyarakat untuk mempermudah berbagai transaksi pembayaran pribadi atau mengfungsikannya secara komersial melalui sistem keagenan dengan cara mengunduhnya di Play Store atau www.intipay.id/registrasi-edc.

Nantinya, masyarakat dapat menjalankan sistem keagenan INTIPay ini dengan hanya berbekal perangkat telepon genggam pribadi atau dapat pula melengkapinya dengan perangkat terpadu Identik AE01.

Perangkat Identik AE01 ini mendukung berbagai layanan pembayaran digital serta memiliki fitur pembaca dan verifikasi KTP Elektronik, collected data untuk big data analytic, mendukung berbagai transaksi pembayaran cashless, portable, dan dapat langsung mencetak bukti pembayaran.

"Aplikasi dan perangkat ini merupakan cara INTI Group untuk memperkuat sisi digital service," ujar Otong Iip.

Saat ini, ekosistem INTIPay tercatat telah memiliki 82.842 Agen, 582.556 PosPay Retail, 524 Entity Biller, 42 Switching, 15 Channel, dan 856 Produk Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang telah melayani sebanyak 6.973.646 pelanggan.

Direktur Utama PT INTI Konten Indonesia (INTENS) Yudi Limbar Yasik menambahkan, ekosistem ini diproyeksikan akan terus bertambah dengan beragamnya layanan transaksi pembayaran yang disediakan oleh INTIPay, yaitu pengisian pulsa, pembayaran tagihan pascabayar hingga pembelian paket data.

Kemudian, ada pembelian token PLN, pembayaran tagihan PLN pascabayar, pembayaran tagihan PDAM, Telkom Pay, BPJS Kesehatan, pajak, cicilan, donasi, e-Money, TV berlangganan, e-Commerce voucher, asuransi, pembayaran tiket, pembayaran gas, gas prepaid, Pos assurance, antar uang.

Harapannya, bisnis dalam sektor fintech hasil sinergi antara PT INTI dan PT Pos Indonesia yang dieksekusi melalui kolaborasi kedua anak perusahaan, yaitu PT INTI Konten Indonesia (INTENS) sebagai anak usaha PT INTI dan PT Pos Finansial Indonesia selaku anak usaha PT Pos Indonesia ini dapat mengoptimalkan potensi masing-masing perusahaan, terutama terkait kompetensi digital payment dan digital solution.

"Semoga, sinergi ini akan berkelanjutan dan memberikan efek domino pada pertumbuhan industri fintech Tanah Air," Yudi Limbar Yasik menandaskan.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya