Sukses

Menonton Kabaret Raminten, Pertunjukan Cross-Dresser di Yogyakarta

Berbeda dengan pertunjukan kabaret pada umumnya, sebagian besar pemain Raminten Cabaret Show adalah cross-dresser.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menjadi magnet sekaligus ikon Yogyakarta, Malioboro memang selalu menyuguhkan sesuatu yang unik bagi wisatawannya. Salah satunya adalah Raminten Cabaret Show. Berbeda dengan pertunjukan kabaret pada umumnya, sebagian besar pemain Raminten Cabaret Show adalah cross-dresser, maksudnya para pemain menggunakan pakaian lawan jenisnya.

Mulai mementaskan pertunjukan sejak 2009, Raminten Cabaret Show, dapat disaksikan secara langsung di Lantai 3 gedung Hamzah Batik Malioboro, atau yang dulunya dikenal sebagai Oyot Godhong. Namun, karena terkenal dengan pertunjukan kabaret, kebanyakan wisatawan mulai menyebut Oyot Godhong sebagai Raminten 3.

Pertunjukan yang berlangsung kurang lebih 110 menit ini, dimulai dengan lima nyanyian kroncong yang dibawakan oleh band Teras Yogyakarta, yang dilanjutkan  oleh tarian tradisional sebagai suguhan selamat datang. Uniknya, meskipun memakai kemben batik dua dari tiga penari tradisional ini berjenis kelamin laki-laki.

Sebagai penanda dimulainya pertunjukan utama segera akan dimulai, cahaya lampu pada panggung  utama akan berubah menjadi redup. Sepanjang pertunjukan, para pemain kabaret akan melakukan lipsync dari berbagai artis besar, seperti Krisdayanti, Nicki Minaj, Celine Dion, hingga Lady Gaga. Sebagai buntuk totalitas, para penampil juga berusaha untuk meniru kostum, mimik, hingga gerak tubuh.

Pertunjukan kabaret semakin seru dan meriah dengan adanya aksi akrobat di atas panggung dan interaksi antara pemain dan penonton. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, penonton juga diajak untuk bernyanyi dan menari bersama di atas panggung.

Meskipun cross-dresser menjadi daya tarik utama, tetapi tidak semua pemain menjadi cross-dresser. Pengunjung tetap dapat menemukan pemain yang memakai kostum sesuai dengan jenis kelaminnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Beli Tiket

Untuk merasakan sensasi menonton kabaret, penonton dapat memperoleh tiketnya melalui dua cara, yaitu OTS (on the spot) dan melalui reservasi. Tentu saja kedua cara tersebut memiliki perbedaan harga yang cukup besar.

Untuk cara OTS, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp60.000 untuk area festival dan Rp70.000 untuk area VIP, sementara itu harga tiket untuk pembelian melalui reservasi sebesar Rp100.000 untuk area festival dan Rp125.000 untuk area VIP.

Dengan perbedaan harga yang cukup signifikan tersebut, tentunya ada beberapa keuntungan yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang melalukan reservasi. Keuntungan tersebut di antaranya adalah, dapat memilih tempat duduk, sudah pasti mendapatkan tempat duduk dan mendapatkan cemilan ringan.

Sementara, bagi pengunjung yang membayar tiket melalui OTS, kemungkinan untuk mendapatkan tempat duduk cukup kecil, sehingga lebih baik melalakukan reservasi terlebih dahulu.

Untuk melakukan reservasi, pengunjung dapat menghubungi Raminten Cabaret Show melalui akun resmi Instagram @ramintencabaret. Namun, meskipun menarik antusiame penonton yang tinggi, pertunjukan kabaret ini hanya dapat disaksikan setiap hari Jumat dan Sabtu.

 

Penulis: Yohana Nabilla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.