Sukses

Mau Bikin Paspor di Bali, Tunggu Saja Petugas Imigrasi Datang ke Rumah

Kemenkumham Bali memberikan fasilitas kepada masyarakat yang ingin mengurus paspor tanpa harus ke luar rumah.

Liputan6.com, Denpasar Pada masa pandemi Covid-19 Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Imigrasi, Bali membuat inovasi pelayanan paspor yang disebut Eazy Passport.

Eazy Passport adalah cara agar masyarakat mudah dalam membuat paspor secara kolektif, karena pemohon paspor tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi untuk mengurus paspor melainkan petugas imigrasi yang akan mendatangi lokasi pemohon.

Tak hanya itu, seluruh proses wawancara dan pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi pemohon atau di dalam rumah. Eazy Pasport diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Ngurah Rai bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Kota Denpasar di kawasan Sanur.

Kegiatan Eazy Passport tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Ada 39 pemohon yang mengikuti kegiatan ini di mana 23 permohonan penggantian paspor dan 16 permohonan paspor baru. Jumlah pemohon untuk paspor elektronik sejumlah 30 pemohon dan paspor biasa 9 pemohon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memudahkan Masyarakat

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai I Nyoman Gede Surya Mataram mengungkapkan bagi masyarakat yang ingin mengajukan permohonan paspor kolektif menggunakan Eazy Passport, dapat mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai dengan minimal 20 pemohon. Layanan Eazy Passport hanya melayani pembuatan paspor RI dan penggantian, tidak melayani penggantian paspor karena hilang atau rusak.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan layanan Eazy Passport sangat membantu masyarakat terutama pada masa pandemi yang masih terjadi khususnya di Pulau Bali. Antusiasme terlihat dari pemohon Eazy Passport dengan adanya pelayanan yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Ngurah Rai.

"Eazy Passport ini merupakan solusi dari Direktorat Jenderal Imigrasi dalam pandemi Covid-19 ini. Memudahkan masyarakat tidak perlu datang antri di kantor imigrasi tetapi Imigrasi yang hadir di tengah masyarakat," kata Jamaruli di Denpasar, Senin (11/4/2022).

Sementara itu, Ketua HIPMI Cabang Kota Denpasar, I Putu Wirama mengapresiasi upaya Imigrasi Ngurah Rai yang memfasilitasi masyarakat dan para anggota HIPMI untuk mengurus paspor.

"Kami senang dan berterima kasih kepada Imigrasi Ngurah Rai, mengingat kami para anggota HIPMI akan mengikuti exhibition dan expo di luar negeri sehingga penting bagi kami untuk mengurus paspor," ujar Wirama.

Bagi masyarakat yang berminat mendapatkan layanan Eazy Passport dapat mengajukan permohonan tertulis yang disampaikan ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai atau dapat menghubungi kami melalui kanal media sosial @imngurahrai (Instagram, Facebook, dan Twitter) serta nomor telepon (0361) 8468395.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.