Sukses

Atur Jadwal Keliling Pasar Ramadhan Hits di Tengah Kota Yogyakarta, Cek Lokasinya

Di pasar tiban Ramadhan beragam kuliner dijumpai jumpai disana, mulai dari kuliner tradisional hingga kekinian.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pasar tiban banyak bermunculan saat bulan Ramadan tiba, menjadi tempat favorit untuk ngabuburit. Di pasar tiban Ramadan atau pasar Ramadhan beragam kuliner dijumpai jumpai disana, mulai dari kuliner tradisional hingga kekinian.

Harga-harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, terlebih bagi kantong mahasiswa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut pasar Ramadan paling hits dan populer di Yogyakarta.

1.  Pasar Sore Ramadan Kauman

Pasar Ramadan yang berada di Kampung Kauman dapat dibilang sebagai pasar Ramadhan paling legendaris di Yogyakarta saat ini. Pasar sore Ramadhan ini sudah ada sejak 1990-an.

Pasar Sore Ramadan Kauman berdiri atas inisiatif warga Kampung Kauman yang terkenal selalu antusias menyambut bulan suci yang penuh berkah ini. Kicak salah satu kuliner langka ini dapat ditemukan di pasar Ramadan di sini.

 2. Kampung Ramadan Jogokariyan

Kampung Ramadan Jogokariyan juga memiliki pasar Ramadan yang hits dan populer. Pasar Ramadan Jogokariyan ini berdiri atas inisiatif warganya yang terkenal aktif dalam berbagai kegiatan agama.

Pasar Ramadan yang dinamai Kampung Ramadan Jogokariyan ini setiap tahun dipenuhi ratusan pedagang dan juga pengunjung yang jumlahnya terus bertambah. Selain pasar, Masjid Jogokariyan juga menyediakan sekitar 3.000 takjil gratis selama bulan Ramadan yang semuanya dikelola oleh takmir Masjid Jogokariyan.

3. Pasar Ramadan Pakualaman

Pasar Ramadan Pakualaman dimulai sejak 2015 atas kerjasama warga Kelurahan Purwokinanti dan salah satu hotel yang berlokasi di Jalan Gajah Mada. Pasar kaget ini diberi nama Gajah Mada Ramadan Festival.

Namun, karena lokasi pasar ada di sekitar daerah Pakualaman, masyarakat banyak yang menyebut pasar kaget ini dengan Pasar Ramadan Pakualaman. Selain aneka macam takjil, pengunjung juga bisa menemukan pedagang yang menjual produk lain seperti batu akik dan pakaian.

Hal yang menarik dari Pasar Ramadhan Pakualaman adalah dekorasi berupa payung-payung yang mempercantik lokasi ini. Pasar Ramadan Pakualaman dapat  menjadi tempat ngabuburit sekaligus berfoto yang ciamik.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pasar Ramadan Plaza XT Square

Pasar Ramadhan Plaza XT Square atau terminal lama yang berlokasi di Jalan Veteran 150-151, Umbulharjo. Selain aneka takjil, disini juga dapat menemukan berbagai macam produk fashion dan menyaksikan aneka macam lomba yang diadakan oleh pengurus event ini.

5. Jalur Gaza

Jalur Gaza menjadi lokasi berburu jajanan Ramadan populer selanjutnya. Penamaan Jalur Gaza merupakan kepanjangan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada.

Seperti namanya di pasar Ramadan ini dapat menemukan beragam takjil mulai dari jajanan pasar hingga kuliner berat. Karena lokasinya berada di Nitikan, maka tempat tersebut diberi nama Jalur Gaza Nitikan.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.