Sukses

Demo Mahasiswa 11 April, Polda Riau Kerahkan Ribuan Personel

Polda Riau menyiagakan 1.161 personel gabungan mengawal aksi demo mahasiswa 11 April di yang dipusatkan di depan gedung DPRD Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepolisian Daerah Riau menyiagakan 1.161 personel gabungan untuk mengawal demonstrasi mahasiswa di depan gedung DPRD Riau pada Senin ini, 11 April 2022. Pengalihan arus juga dilakukan agar tidak menimbulkan kemacetan di lokasi unjuk rasa mahasiswa.

Diperkirakan akan ada ribuan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa se-Riau yang melakukan demo 11 April ini. Salah satu yang disuarakan adalah ketidakpuasan terhadap pemerintahan Joko Widodo.

Sebelumnya, Polda Riau dan Polresta Pekanbaru juga menggelar apel siaga di Markas Komando Polda Riau di Jalan Pattimura, Pekanbaru, Minggu siang, 10 April 2022.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto menjelaskan, ribuan personel itu terdiri 476 anggota Polresta Pekanbaru, 535 personel Polda Riau, 60 personel TNI, dan 90 personel Satpol PP.

"Ada 1.161 personel yang disiagakan besok, Polda Riau back up Polresta untuk mengamankan unjuk rasa," kata Sunarto, Minggu malam.

Sunarto mengimbau masyarakat selalu menjaga situasi agar kondusif. Semua pihak diminta tidak melakukan hal yang bisa menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Polda Riau berharap mahasiswa tertib dalam menyampaikan aspirasi, begitu pula petugas yang melakukan pengamanan, agar bisa mengawal dan mengamankan adik-adik mahasiswa, antisipasi adanya pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencoba mengambil kesempatan, dan memancing situasi," tegas Sunarto.

Selain itu, Sunarto juga berharap kepada mahasiswa agar saat menyampaikan aspirasi menghormati hak orang lain.

"Contohnya, hormati penggunaan jalan raya dan masyarakat umum jangan sampai terganggu aktivitasnya," pinta Sunarto.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto juga mengingatkan, para mahasiswa dan semua pihak yang terlibat unjuk rasa ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pasalnya saat ini masih pada masa pandemi Covid-19.

"Jangan lupa pakai masker, bawa hand sanitizer karena ini bulan suci Ramadan, saya mengajak semua untuk tetap menjaga iman dan takwa kita kepada Allah yang Maha Esa, dan saling menghormati antar sesama," tutup Sunarto.

Sementara itu, Kapolresta Pekanbaru Komisaris Besar Pria Budi melalui Kasat Lantas Komisaris Angga Wahyu menyebut melakukan pengalihan arus lalu lintas.

Angga mengatakan, arus lalu lintas yang dialihkan yakni dari arah kota menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II. Arus ini dialihkan melalui Jalan Imam Munandar.

Selanjutnya arus lalu lintas dari arah kota menuju andara yang akan melintas di depan Kantor DPRD Provinsi Riau Jalan Sudirman, akan dialihkan melalui Jalan Mekar Sari.

"Agar pengguna jalan dapat menggunakan jalur alternatif, khususnya bagi masyarakat yang akan menuju bandara," ucap Angga.

Angga menjelaskan, pengalihan dilakukan mulai pukul 13.00 WIB. Pengguna jalan tersebut diminta untuk menghindar sementara dengan menggunakan jalur alternatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.