Sensasi Staycation Tengah Sawah di Kakuta Binjai

Oleh Reza Efendi pada 09 Apr 2022, 22:32 WIB
Diperbarui 09 Apr 2022, 22:35 WIB
Kakuta Binjai
Perbesar
Di Sumatera Utara (Sumut) banyak tempat yang menawarkan staycation, salah satunya Kakuta yang berada di Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai (Reza Efendi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Binjai Staycation atau liburan singkat lagi tren di zaman sekarang. Di Sumatera Utara (Sumut) banyak tempat yang menawarkan staycation, salah satunya Kakuta yang berada di Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai.

Berjarak sekitar 1 jam dari pusat Kota Medan, di Kakuta para pengunjung bisa merasakan sensasi staycation di tengah hamparan sawah dengan suasana yang nyaman. Karena ada 1 penginapan dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

"Menginap di vila yang ada di Kakuta ini Rp 750 ribu per malam. Ada 3 bed dan 6 kit matras. Juga ada tenda kemping, sepeda, malam disiapkan perangkat barberkyu, dan bisa juga untuk karoke. Kalau weekend ada sarapan," kata Pengelola Kakuta, Ahmadi, Sabtu (9/4/2022).

Kakuta pertama kali hadir di Kota Binjai pada akhir November 2021. Hingga kini, banyak orang-orang yang datang untuk menginap. Bahkan ada juga yang datang hanya untuk sekadar foto-foto untuk keperluan konten media sosial (medsos).

"Kebanyakan yang menginap di sini dari kalangan keluarga, tim kecil dari perusahaan, juga ada dari komunitas," ujar Ahmadi.

Diterangkan Ahmadi, alasan menyuguhkan suasana sawah sebagai tempat staycation karena di Binjai tidak ada gunung. Sedangkan sungai, airnya tidak begitu bagus. Sementara, hanya ada persawahan yang dapat dikembangkan untuk lokasi wisata.

"Untuk di Kakuta ini saja, luas sawahnya sekitar 1 hektare. Sedangkan secara keseluruhan di areal sini, luas sawah yang terhampar sekitar 1 Kilometer," terangnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Hadirkan Dusun Padi Resto

Dusun Padi Resto
Perbesar
Dusun Padi Resto masih berada di areal Kakuta, yang berada di Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai (Reza Efendi/Liputan6.com)

Selain menikmati suasana sawah saat staycation di Kakuta, pengunjung juga bisa merasakan makanan khas masakan tradisional yang berada di Dusun Padi Resto, yaitu restoran yang masih satu kawasan dengan Kakuta.

"Untuk Dusun Padi Resto ini baru kita hadirkan di awal-awal Ramadhan," sebut Ahmadi.

Dipaparkannya, menu-menu yang disajikan di Dusun Padi Resto beberapa di antaranya seperti pecel jantung pisang, tumis kangkung, bebek, burung, belut, dan ikan. Untuk minuman, ada es cendol, jeruk kelapa puding, dan lain sebagainya.

"Di sini juga kita sediakan sistem self service dan full service. Jadi, pengunjung tinggal pilih pelayananya. Selama Ramadhan, kita juga siapkan menu-menu untuk berbuka puasa," papar Ahmadi.


Bisa Lihat Sunset dan Sunrise

Kakuta Binjai
Perbesar
Kakuta Binjai (Reza Efendi/Liputan6.com)

Tidak hanya bisa merasakan sensasi staycation di tengah sawah, pengunjung juga bisa menikmati suasana sunrise atau matahari terbenam saat pagi hari di Kakuta. Juga bisa menikmati suasana sunset atau matahari terbenam saat sore jelang malam.

"Yang kita tawarkan biasanya sunset dan sunrise. Bukan sunset secara utuh, tapi senja golden hour," sebut Ahmadi.

Untuk jam operasional, selama Ramadhan, pengunjung bisa berkunjung ke Kakuta meski tidak menginap pada pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sedangkan di luar Ramadhan, buka pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya