Sukses

Berhasil Rebut Senjata KKB, 2 Prajurit Yonif Raider 613/Raja Alam Dapat Penghargaan KSAD

Sebanyak 450 prajurit dari Yonif Raider 613/Raja Alam tiba di Pelabuhan Semayang, pada Jumat (8/4/2022) pagi. Setelah selama 11 bulan lamanya bertugas di Papua, tepatnya di Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Mimika.

Liputan6.com, Balikpapan Sebanyak 450 prajurit dari Yonif Raider 613/Raja Alam tiba di Pelabuhan Semayang, pada Jumat (8/4/2022) pagi.

Mereka tertugas selama 11 bulan lamanya bertugas di Papua, tepatnya di Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Mimika, Papua.

Kedatangan ratusan prajurit ini disambut oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso. Dia juga memberikan apresiasi kepada mereka yang telah menjalankan tugas dengan baik.

"Kami melaksanakan upacara penyambutan terhadap 450 prajurit Yonif Raider 613/Raja Alam yang baru pulang usai melaksanakan tugasnya di Papua. Sebelumnya telah dilakukan tes kesehatan terhadap para personel yang datang, terutama terkait Covid-19. Setelah upacara, para personel naik ke kapal lagi menuju Tarakan, karena home basenya di sana," ungkap Mayjen TNI Teguh, pada Jumat (8/4/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasukan Raja Alam memperoleh penghargaan

Dari 450 prajurit, sebanyak 109 prajurit Yonif Raider 613/Raja Alam mendapatkan penghargaan atas prestasinya dari Dankolakops Pinang Sirih 03 Brigjen TNI Susilo.

Dan dua personel mendapat sertifikat penghargaan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), yakni Serda Darius dan Praka Maigolan yang keduanya merupakan personel putra asli Kalimantan.

Keduanya berhasil mendapatkan 2 pucuk senjata jenis Mouser dan M 16 milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

"Keberhasilan ini tentu saja memberikan rasa bangga yang tinggi, tidak saja bagi Yonif Raider 613/Raja Alam, tetapi juga Kodam VI/Mulawarman dan masyarakat Kalimantan," bebernya.

 

3 dari 3 halaman

Pasukan Raider Modang akan berangkat ke Papua

Setelah kepulangan personel Yonif Raider 613/Raja Alam, Kodam VI/Mulawarman kembali mempersiapkan keberangkatan ratusan personel dari Batalyon Raider 600/Modang untuk bertugas di Papua.

"Berangkatnya sekitar bulan Juni nanti. Personel saat ini sudah selesai melaksanakan latihan, tinggal pengecekan akhir. Konsepnya mengarah kepada operasi teritorial," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.