Sukses

Hasil Drawing Sepakbola SEA Games: Indonesia Masuk Grup Neraka Bareng Vietnam

Hasil drawing cabang sepakbola SEA Games 2021 menempatkan Timnas Garuda Muda di grup neraka bareng tuan rumah Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil drawing cabang sepakbola SEA Games 2021 menempatkan Timnas Garuda Muda di grup neraka bareng tuan rumah Vietnam. Keduanya tergabung di Grup A bersama Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Sementara di Grup B, ada Thailand bersama Malaysia, Kamboja, Singapura, dan Laos. Sea Games 2021 yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19, akan dihelat di Vietnam pada Mei 2022 mendatang.

Shin Tae-yong sendiri telah memanggil 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U-23 menghadapi SEA Games 2021 Vietnam. Latihan skuad garuda muda akan dipusatkan di Korea Selatan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, seperti dikutip situs resmi PSSI, Kamis (7/4/2022) mengatakan, pemusatan latihan di Korea Selatan sesuai permintaan dari pelatih Shin Tae-yong. Tak tanggung-tanggung, PSSI menargetkan emas di Sea Games Vietnam.

"Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih juara SEA Games 2021. Dengan materi pemain yang dipanggil ini serta selalu bekerja keras, disiplin dan fokus, PSSI yakin hal tersebut akan tercapai," kata Iriawan.

Sementara itu, Shin Tae-yong menegaskan skuadnya akan berjuang keras sampai ke final cabang olahraga sepak bola putra Sea Games Vietnam demi meraih emas.

Shin mengatakan, tim Garuda Muda tidak gentar meski berada di grup berat, yaitu Grup A bersama tuan rumah, Vietnam.

"Vietnam ada di sana dan mereka salah satu calon juara. Namun, kami akan berusaha maksimal untuk mencapai final," katanya.

Shin Tae-yong sendiri akan menjalani pemusatan latihan bersama skuad garuda muda di Korea Selatan mulai minggu kedua April 2022. Dirinya meminta PSSI agar mengirim skuad garuda muda lebih awal tiba di Vietnam untuk proses adaptasi.

"Saya akan bicarakan dengan federasi agar kita bisa lebih cepat sampai di Vietnam," kata Shin.

Tim nasional U-23 Indonesia sendiri tergabung di grup berat, isinya ada tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste di Grup A. Mengingat memori tahun 2019, Indonesia tumbang di tangan Vietnam 0-3 dalam final SEA Games 2019 Filipina. Sementara Myanmar dan Filipina tidak bisa dianggap remeh lagi. Tim sepakbola kedua negara tersebut terus berkembang dan bisa menjadi kuda hitam bagi timnas Garuda Muda. 

Grup A cabang sepakbola SEA Games 2021 Vietnam menjadi ujian Timnas Garuda yang sesungguhnya. Mungkinkah anak-anak muda Indonesia ini meraih emas di cabang sepakbola Sea Games setelah lama puasa sejak 1991?  

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut 29 Pemain yang Dipanggil Shin Tae-yong

1. Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan)

2. Amiruddin Bagas (Barito Putera)

3. Muhamad Riyandi (Barito Putera)

4. Irfan Jaya (Bali United)

5. Egy Maulana (FK Senica, Slovakia)

6. Witan Sulaeman (FK Senica, Slovakia)

7. Elkan Baggott (Ipswich Town, Inggris)

8. Fachruddin Aryanto (Madura United)

9. Ronaldo Joybera (Madura United)

10. Ernando Ari (Persebaya)

11. Andhika Ramadhani (Persebaya)

12. Rizky Ridho (Persebaya)

13. Koko Ari (Persebaya)

14. Rachmat Irianto (Persib)

15. Marselino Ferdinan (Persebaya)

16. Ricky Kambuaya (Persib)

17. Marc Klok (Persib)

18. Syahrian Abimanyu (Persija)

19. Rio Fahmi (Persija)

20. Irfan Jauhari (Persis)

21. Braif Fatari (Persija)

22. Muhammad Adisatryo (Persik)

23. Muhamad Ridwan (Persik)

24. Ramai Rumakiek (Persipura)

25. Firza Andika (Persija)

26. Hanis Saghara (Tira Persikabo)

27. Alfeandra Dewangga (PSIS)

28. Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia)

29. Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.