Sukses

Cara Baru Menukar Uang Lebaran di BI Cirebon

Untuk dapat menukar uang melalui mobile BI, masyarakat harus melakukan registrasi via online.

Liputan6.com, Cirebon - Pemerintah terus berupaya menyempurnakan kebijakan memperbolehkan mudik Lebaran 2022. Hal ini agar tidak kembali memunculkan klaster penularan Covid-19 di tengah perayaan hari besar umat Muslim.

Kembalinya tradisi mudik di tengah masyarakat, tentu disertai dengan munculnya tradisi bagi-bagi angpao atau amplop "THR". Untuk itu, Kantor BI Cirebon mengaku sudah menyiapkan sejumlah pecahan rupiah untuk ditukar masyarakat. Kepala BI Cirebon Hestu Wibowo mengatakan, akan menggelar penukaran uang Lebaran 2022 mobile di 11 titik.

Seperti Masjid Jami Nurul Amal Perumnas Kota Cirebon, Pasar Kramat Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Grage Mall, CSB Mall, Masjid Raya At-Taqwa, hingga Tol Cipali.

Namun, kata dia, untuk dapat melakukan penukaran uang Lebaran 2022 melalui mobil kas keliling, masyarakat harus melakukan registrasi via online. Masyarakat yang ingin menukar uang harus daftar melalui https://pintar.bi.go.id.

Warga mengisi data diri dulu, kemudian menentukan lokasi pilihan, waktu penukaran hingga jumlah uang yang akan ditukar. 

"Kita sistemnya seperti pre-order dan pola seperti itu juga untuk menghindari adanya kerumunan," ujar Hestu kepada media, Rabu (6/4/2022).

Setelah mengisi data secara online, masyarakat tinggal datang ke lokasi penukaran uang yang sudah ditentukan. Cukup menunjukkan KTP dan menyerahkan uang yang akan ditukar kepada petugas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dompet Digital

Dia menyebutkan, dalam penukaran uang tersebut BI membatasi maksimal nilai yang ditukar Rp3,7 juta. Dari jumlah itu, BI menyesuaikan kebutuhan masyarakat terkait pecahan uang yang akan ditukar.

"Kasus Covid-19 dari data tercatat melandai tapi bukan berarti kita lengah jadi tetap waspada agar tidak memicu kembali terjadinya covid-19," kata Hestu.

Pada kesempatan tersebut, BI Cirebon menyiapkan Rp3,7 triliun untuk kebutuhan saat Lebaran 2022. Jumlah tersebut, kata dia, turun dari tahun sebelumnya Rp4,8 triliun. 

Turunnya jumlah persediaan uang saat lebaran karena berdasarkan data tahun lalu sebagian besar masyarakat di Cirebon dan sekitarnya memanfaatkan transaksi elektronik.

"Tapi bukan berarti persediaan uang kami hanya Rp3,7 triliun. Persediaan uang di kas kami lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan perbankan," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Hestu mengatakan penukaran uang juga bisa di lakukan setiap perbankan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.