Sukses

4 Masjid Yogyakarta yang Jadi Favorit Mahasiswa untuk Buka Puasa

Bagi mahasiswa rantau di Yogyakarta keberadaan masjid-masjid yang memberikan takjil gratis tentu menjadi idaman tersendiri.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi mahasiswa rantau di Yogyakarta keberadaan masjid-masjid yang memberikan takjil gratis tentu menjadi idaman tersendiri. Terlebih munculnya rasa kesepian akibat jauh dari keluarga, sehingga harus sahur dan buka puasa sendiri.

Namun jangan khawatir, coba datangi salah satu masjid di Yogyakarta yang menyediakan takjil gratis ini. Selain untuk menghemat pengeluaran, buka puasa bersama memberikan suasana baru.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut masjid Yogyakarta yang jadi tempat favorit mahasiswa rantau buka puasa.

1. Masjid Jogokariyan

Masjid Jogokariyan sudah mengadakan buka bersama dan membagikan takjil gratis sejak tahun 1973. Majid ini menjadi langganan mahasiswa di Yogyakarta untuk buka puasa, sekaligus melaksanakan salat tarawih.

Masjid Jogokariyan setiap hari bisa membagikan 2.500 sampai 3.000 porsi untuk buka puasa bersama. Bukan sekadar menu biasa, tapi olahan daging seperti gulai sampai tongseng bisa dinikmati.

Masjid Jogokaryan berlokasi di Jalan Jogokariyan No 36, Mantrijeron, Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid Gede

2. Masjid Gede Kauman

Berlokasi tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, Majid Gede Kauman dapat menjadi tujuan mencari takjil gratis. Setiap hari, 1.000 sampai 1.300 porsi takjil disiapkan jelang buka puasa oleh panitia.

Masjid Gede Kauman ini punya menu andalan setiap buka puasa hari pertama, yaitu nasi gulai ayam yang peminatnya luar biasa banyak. Selain gulai ayam, menu khas yang akan disajikan di Masjid Gedhe Kauman adalah makanan khas Yogyakarta, brongkos daging.

Masjid Gede Kauman berlokasi di sebelah Alun-Alun Utara Keraton, yakni Jalan Kauman, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

3. Masjid Kampus UGM

Masjid Kampus UGM juga membagikan takjil gratis setiap hari untuk orang yang membutuhkan. Nasi ayam krispi, bakmi khas Jawa, dan nasi lauk lele-terong balado adalah sedikit menu yang disediakan di sini.

Namun, jika berniat menjajal takjil ala Masjid Kampus UGM, pastikan untuk mengikuti kajian terlebih dahulu. Alasannya takjil diprioritaskan untuk yang mengikuti kajian terlebih dahulu, baru jika ada makanan berlebih akan dibagikan kepada yang datang.

Masjid Kampus UGM berlokasi di Jalan Prof DR Drs Notonagoro, Karang Malang, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

4. Masjid Kampus FEB UII

Masjid Al-Muqtashidin adalah masjid yang letaknya berada di lingkungan Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FEB) kampus Universitas Islam Indonesia. Setiap tahunnya, masjid ini tidak pernah absen mengadakan acara buka puasa bersama.

Bahkan, beberapa hari jelang buka puasa, panitia sudah mengumumkan menu yang akan disediakan saat buka puasa nantinya. Untuk tahun 2022 ini, di Masjid Al-Muqtashidin menyajikan menu makanan tradisional seperti ayam bakar sampai nasi gudeg, sampai makanan western seperti  beef black paper rice.

Masjid Kampus FEB UII terletak di Jalan Prawiro Kuat No 172 C, Ngringin, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

 

Penulis: Tifani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.