Sukses

Alasan Ridwan Kamil Gemar Bangun Masjid Terungkap Saat Isi Kuliah Subuh di Masjid Jogokariyan Jogja

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkenal gemar membangun masjid

Liputan6.com, Yogyakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkenal gemar membangun masjid. Sudah puluhan desain masjid lahir dari tangan Ridwan Kamil.

Masjid 99 kubah yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan, Masjid Al Jabbar di Jawa Barat, masjid di Palestina, Spanyol, dan Amerika Serikat adalah sebagian contoh kecil masjid karya Ridwan Kamil.

Masjid dan Ridwan Kamil yang seolah sulit dipisahkan ini memiliki cerita sendiri. Kisah ini terungkap saat Ridwan Kamil mengisi kuliah subuh di Masjid Jogokariyan Jogja, Rabu (6/4/2022).

“Ayah saya pengurus masjid, jadi sewaktu kecil saya sering menemani beliau beli kayu atau semen dibawa ke masjid,” ujar Kang Emil, sapaan akrabnya.

Kayu atau semen itu digunakan untuk merenovasi atau membangun masjid.

Dari situ, ayahnya tak henti berpesan supaya jangan berhenti membangun masjid. Jadi, selama ini Ridwan Kamil rajin membangun masjid untuk menjalankan amanah dari orangtuanya.

Ia juga bercerita, masjid yang dibangun di Palestina menjadi penghasil tahfiz Al-Qur'an. Sayangnya, masjid itu dibom Israel dan hancur.

Warga pun terpaksa salat di tenda selama bertahun-tahun.

“Maka bersyukurlah masjid di Indonesia ada di mana-mana tinggal dimakmurkan,” ucap Ridwan Kamil.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.