Sukses

Kondisi Terkini 121 Pengungsi Longsor di Kutabima Cilacap

Pemerintah memberikan perhatian serius terhadap bencana tanah longsor di Dusun Citulang, Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu, Cilacap

Liputan6.com, Cilacap - Sebanyak 121 jiwa masih mengungsi akibat bencana tanah longsor di Desa Kutabima yang terjadi pada Kamis (31/3) malam, kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Wijonardi.

"Pengungsi masih seperti data kemarin, 121 jiwa, sudah terurus dengan baik. Perlogistikan mencukupi kebutuhan dua bulan insyaallah cukup," katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Senin siang, dikutip Antara.

Oleh karena itu, kata dia, bagi donatur yang ingin memberikan bantuan sebaiknya dalam bentuk uang tunai, sehingga dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pemulihan pascabencana.

Dalam hal ini, dana sumbangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak.

"Masyarakat yang terdampak bencana ini otomatis pendapatannya akan menurun, sehingga jangan dipaksa untuk swadaya, tidak akan mampu. Jadi, kalau mau membantu sebaiknya untuk mendukung kegiatan pascakebencanaan, untuk memperbaiki sarana-prasarana jalan dan jembatan yang rusak kan butuh biaya besar," katanya.

Lebih lanjut, Wijonardi mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga memberikan perhatian serius terhadap bencana tanah longsor di Dusun Citulang, Desa Kutabima, Kecamatan Cimanggu, Cilacap.

Bahkan, kata dia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan langsung Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) I Jawa Tengah untuk membantu Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam melakukan kajian dan penghitungan teknis di lokasi bencana tanah longsor tersebut.

"Hari ini (4/4) masih dilakukan asesmen terhadap bencana tanah longsor Kutabima. Kerusakan paling berat itu jembatan yang putus ke arah Pesahangan dan di lokasi terdampak," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemulihan Pasca-Bencana Longsor

Selain itu, kata dia, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy juga proaktif membantu kegiatan normalisasi Sungai Cireueui yang terkena material longsoran meskipun sungai tersebut merupakan kewenangan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah.

"Oleh karena terjadi bencana dan lokasinya dekat, BBWS Citanduy ikut membantu mengirimkan satu unit alat berat. Dari Kementerian PUPR juga mengirimkan alat berat ke lokasi, insyaallah akan mempercepat pekerjaan penanganan longsor meskipun harus berpacu dengan hujan," katanya menjelaskan. Ia mengakui pada hari Minggu (3/4) telah dilakukan kerja bakti dalam rangka penanganan darurat untuk membuka jalan yang tertimbun longsor.

Dari hasil uji coba, titik longsor tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda dua namun belum bisa sepenuhnya menjangkau lokasi longsor di Dusun Citulang karena ada satu titik longsoran terberat.

"Paling tidak dibutuhkan waktu satu bulan untuk menormalkan kembali," katanya.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Cilacap, bencana tanah longsor yang terjadi pada Kamis (31/3) malam mengakibatkan tiga unit rumah tertimbun material longsoran, dua unit rumah rusak berat, tiga unit rumah rusak ringan, dan 49 unit rumah terancam longsor.

Selain itu, satu buah jembatan putus, satu titik jalan longsor, serta berdampak terhadap 2 hektare lahan sawah dan 2 hektare lahan perkebunan.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, bencana tanah longsor tersebut mengakibatkan dua ekor sapi dan 16 ekor kambing hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.