Sukses

Tradisi Tenggeyamo, Penentuan 1 Ramadhan di Gorontalo

Tradisi Tenggeyamo, Penentuan satu Ramadhan di Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar adat Tonggeyamo untuk penetapan 1 Ramadhan 1443 H, bertempat di rumah jabatan gubernur, Jumat malam, (1/4/2022).

Adat Tenggeyamo merupakan pemberitahuan resmi lembaga adat dan pemerintah daerah kepada umat muslim dengan mengacu pada hasil Sidang Isbat Kementerian Agama RI. Berdasarkan hasil Sidang Isbat, 1 Ramadhan 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022.

“Tadi kita sama-sama telah mendengarkan sidang Isbat di mana 1 Ramadan jatuh pada hari Minggu,” ucap Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba usai mendengarkan sidang Isbat melalui siaran televisi.

Sekda Darda menyampaikan apapun kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan ibadah pada bulan Ramadhan, umat muslim harus bersukacita dan bergembira menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

“Kalaupun ada perbedaan awal bulan Ramadhan tentunya sikap yang harus kita kedepankan adalah saling menghormati dan menghargai sehingga kita semua dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk,” tutur Darda.

Dalam kesempatan itu pula, atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo, Darda memohonkan maaf apabila setiap perkataan dan sikap ada yang kurang berkenan di di hati masyarakat Gorontalo. Ia berharap masyarakat menjalankan ibadah puasa dengan hati yang tulus dan ikhlas.

“Selamat menjalankan ibadah puasa 1443 Hijriah semoga Allah SWT melimpahkan rahmatnya untuk kita semua,” ia menandaskan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.