Sukses

Mengintip Persiapan Mudik Lebaran 2022 dari Perbatasan Jakarta hingga Pelabuhan Merak

Perbaikan Jembatan Ciujung di ruas tol Tangerang-Merak menjadi perhatian karena selalu menimbulkan kemacetan.

Liputan6.com, Cilegon - Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi memantau jalur Mudik Idul Fitri 2022 dari Jakarta hingga Kota Cilegon, Banten. Dia juga mendatangi Pelabuhan Merak. Perbaikan Jembatan Ciujung di ruas tol Tangerang-Merak menjadi perhatiannya, karena selalu menimbulkan kemacetan.

Kakorlantas memperoleh informasi dari PT Astra Infra Toll Road selaku pengelola Tol Tangerang Merak, perbaikan Jembatan Ciujung akan rampung pada H-15 Idul Fitri 2022.

"Kita cek kesiapan jalan, nanti kepada masyarakat yang lain kesiapan kendaraan dan pengemudinya. Sudah di targetkan (penyelesaian) pengerjaan (jembatan Ciujung) ini, mudah mudahan lancar, H-15 informasi jadi," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi, di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, (Rabu, 30/03/2022).

Pemeriksaan jalur dan kelayakan jalan mudik dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak ini, sebagai tindak lanjut dari pernyataan Presiden Jokowi yang memperbolehkan masyarakat dengan syarat sudah menerima vaksin booster.

Pelayanan mudik Idul Fitri 2022 diprediksi akan berbeda jika dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Sehingga, persiapannya sudah dilakukan sejak jauh hari.

Irjen Firman Santyabudi berharap mudik Idul Fitri 2022 tidak menimbulkan klaster baru Covid-19. Untuk itu, harus dilakukan dengan baik persiapannya. Para tenaga kesehatan dan satgas Covid-19 rencananya akan turut diterjunkan selama arus mudik dan balik.

"Supaya memastikan pelayanan mudik nanti tidak menimbulkan klaster baru, menambah angka positif Covid. Sasaran yang akan kita kerjakan, akan kita hadapi. Tentu kerjasama dengan semua pihak," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapkan Rekayasa Lalu Lintas

Persiapan arus mudik beserta rekayasa lalu lintas akan terus dimatangkan oleh kepolisian, terutama di jalur rawan macet, seperti Pelabuhan Merak.

Rencana pengaturan lalu lintas hingga penempatan pos pengamanan maupun pos pelayanan akan dibahas, hingga siap diterapkan di lapangan. Persiapan arus mudik dan balik Idul Fitri 2022 juga akan dibawahi pemerintah pusat.

"Manajemen ini harus kita siapkan sedemikian rupa, tentu saja sudah kita dengarkan kesiapan yang sempat dibahas tingkat polda, ini akan terus di matangkan hingga nanti menjelang pada saat sudah diberikan operasi ketupat," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.