Sukses

Hore, Warga Sumut Kini Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Tokopedia

Kabar baik bagi warga Sumatera Utara (Sumut). Pemerintah Provinsi Sumut bersama Tokopedia meluncurkan layanan E-Samsat. Kehadiran layanan daring ini memudahkan warga Sumut dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Liputan6.com, Medan Kabar baik bagi warga Sumatera Utara (Sumut). Pemerintah Provinsi Sumut bersama Tokopedia meluncurkan layanan E-Samsat. Kehadiran layanan daring ini memudahkan warga Sumut dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, kunci sukses pembangunan suatu daerah salah satunya adalah ketaatan masyarakatnya dalam membayar pajak.

"Hadirnya Tokopedia E-Samsat diharapkan bisa mendorong ketaatan masyarakat Sumut dalam menunaikan kewajiban membayar PKB," kata Edy, Rabu (30/3/2022).

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama dengan Pemprov Sumut dalam mendigitalisasi layanan publik.

"Dengan ini kami juga berharap bisa mendorong ekonomi daerah," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesadaran Wajib Pajak

Astri menambahkan, transaksi melalui layanan E-Samsat di Tokopedia mengalami peningkatan sebesar hampir 2 kali lipat selama tahun 2021 dibandingkan tahun 2020.

"Hal ini menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajiban pajak," ucapnya.

Melalui Tokopedia E-Samsat, masyarakat Sumut wajib pajak dapat membayar PKB dan mendapatkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektrik (E-TBPKP) sah yang bisa diunduh kemudian dicetak sendiri.

Pembayaran PKB menjadi lebih cepat karena proses tersebut dilakukan dalam hitungan menit di mana pun dan kapan pun. Cukup dengan mengetik E-Samsat di kolom pencarian Tokopedia, kemudian pilih Samsat Sumut dan masukkan Nomor Polisi, Nomor Mesin, serta NIK.

3 dari 3 halaman

Aplikasi Mobile

Wajib pajak dapat memperoleh kode pembayaran PKB melalui aplikasi Mobile e-SAMSAT Sumut Bermartabat, sebelum bertransaksi melalui Tokopedia E-Samsat.

Selanjutnya, klik ‘Cek Tagihan’ dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Tokopedia menyediakan lebih dari 50 opsi pembayaran yang dapat dipilih, termasuk pembayaran secara cicilan, transfer bank, uang elektronik dan masih banyak lainnya.

Kemudahan lainnya adalah tidak adanya batas nominal transaksi tunggal, sehingga berapa pun besar nilai pajak tetap bisa dibayarkan.

Lyanan Tokopedia E-Samsat telah hadir di berbagai wilayah Indonesia, antara lain Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Kalimantan Timur. Jumlah wilayah ini akan terus bertambah ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.