Sukses

Tarif Tol Cipali Resmi Naik per 30 Maret 2022, Pengelola Beberkan Alasannya

Seiring dengan naiknya tarif Tol Cipali, pengelola juga meningkatkan pelayanan, keamanan, dan pengendara di Tol Cipali terutama menjelang arus mudik.

Liputan6.com, Cirebon - Pengelola tol Cipali mengumumkan tarif tol per 30 Maret 2022 resmi naik. Kenaikan tarif tol cipali tersebut berdasarkan SK Menteri PUPR nomor 263/KPTS/M/2022 tanggal 16 Maret 2022 tentang penyesuaian tarif tol pada jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Pantauan di lokasi, sejumlah antrean kendaraan sempat terjadi di pintu keluar Palimanan Tol Cipali. Tak sedikit pengendara khususnya sopir truk yang berhenti lama karena mendengar penyampaian petugas yang melakukan sosialisasi tarif tol Cipali naik.

Direktut Operasional Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, kenaikan tarif tol menyesuaikan kondisi inflasi di daerah sepanjang Tol Cipali. Dari data yang didapat, untuk golongan I sebelumnya Rp107.500 menjadi Rp119.000.

Untuk golongan II dari Rp177.900 menjadi Rp196.000, golongan III dari Rp177.000 menjadi Rp196.000. Sementara golongan IV dari Rp222.000 menjadi Rp246.000, dan golongan V dari Rp222.000 menjadi Rp246.000.

"Kenaikan tarif tol Cipali setiap dua tahun sekali sesuai dengan peraturan pemerintah dan inflasi. Kenaikan mengikuti inflasi 2-3 persen dikali jarak per kilo dari tarif tol kita," ujar dia, Rabu (30/3/2022) dini hari.

Seiring dengan kenaikan tersebut, pengelola Tol Cipali langsung melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pengguna tol. Agung mengatakan, seiring dengan naiknya tarif Tol Cipali, pengelola juga meningkatkan pelayanan, keamanan dan pengendara di Tol Cipali.

Agung memastikan, saat ini tidak ada lagi kendaraan sering terjadi kecelakaan dengan tabrak pindah jalur. Agung menyebutkan, pihaknya sudah memasang pengaman di median jalan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Infrastruktur

"Kami juga menambah rambu-rambu hingga informasi agar pengguna jalan tidak merasa bosan. Infrastruktur juga kami tingkatkan," ujar dia.

Agung menyebutkan, kondisi jalan di sepanjang Tol Cipali dilakukan perawatan lebih baik. Selain itu, pihaknya juga memperbaiki rest area dengan fasilitas menunjang.

Seperti playground, diorama, dan festival seni. Untuk golongan II ke atas, pengelola menyediakan pemandian air panas.

"Seiring dengan persiapan menjelang Ramadhan juga kami memperbaiki infrastruktur dan pelayanan di Tol Cipali," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, dia memastikan kesiapan untuk menghadapi Ramadhan khususnya volume kendaraan saat arus mudik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.