Sukses

Mengenal Asal-usul Tradisi Tentara di Balikpapan Sebelum Pergi Bertugas

Ada sebuah tradisi bagi para prajurit dari Batalyon Infanteri Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman sebelum melaksanakan operasi ke luar wilayah maupun prajurit baru. Apa itu?

Liputan6.com, Balikpapan Salah satu tradisi para prajurit dari Batalyon Infanteri Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman sebelum melaksanakan operasi ke luar wilayah maupun prajurit baru, yakni mendatangi tugu Modang yang berlokasi di Desa Modang, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser.

Kegiatan mendatangi tugu Modang serta bersilaturahmi dengan warga Desa Modang ini dilakukan pada Minggu (27/3/2022) siang. Dipimpin langsung Komandan Yonif Raider 600 Modang, Mayor Karuniawan Hanif Arridho bersama sejumlah prajurit yang akan melaksanakan tugas khusus dalam Operasi Satgas Satuan Organik Yonif Raider 600 Modang di Papua dalam waktu dekat.

"Asalnya nama Modang itu dari sini kampung Modang. Duluafa namanya masyarakat suku Modang dan menetap di desa ini. Ini menjadi tradisi kami baik prajurit baru maupun yang akan melaksanakan tugas operasi kami bersilaturahmi ke masyarakat Modang sekaligus memohon doa restu," terang Hanif sapaan akrabnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak video menarik ini:

3 dari 4 halaman

Tugu Modang Asal Usul Nama Batalyon Raider 600

Oleh sebab itu, di Desa Modang tersebut berdiri sebuah tugu Modang yang menjadi titik tempat pelaksanaan tradisi para prajurit Yonif Raider 600 Modang.

Selain menggelar silaturahmi dan doa bersama dengan warga Desa Modang, Raider 600 Modang juga memberikan bantuan berupa sumber air bersih dan pengobatan gratis.

"Warga Desa Modang ini kesulitan air bersih, biasanya mereka membeli, di sini tidak ada sumur bor adanya sumur tadah hujan dan airnya kurang baik untuk dikonsumsi. Makanya dengan teknologi yang cukup sederhana kita berikan air bersih dan sehat untuk dikonsumsi oleh warga Modang. Harapan kita sedikit meringankan beban warga di sini,” harapnya.

4 dari 4 halaman

Warga Sangat Terbantu

Salah satu warga Desa Modang bernama nenek Nenbo (65) sangat bersyukur dengan bantuan tempat pengelolaan air bersih yang diberikan oleh Yonif Raider 600 Modang. Dia berharap ini dapat membantunya dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

"Kalau kemarau air beli, susah untuk mendapatkan air di sini, adanya bantuan ini sangat membantu sekali, Alhamdulillah terima kasih Yonif Raider 600 Modang," timpal Nenbo usai menerima secara simbolis bantuan air bersih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.