Sukses

Siasati Kelangkaan Minyak Goreng, Pemkot Makassar Gelar 'Festival Rebus Makassar'

Danny Pomanto berharap seluruh elemen masyarakat ikut meramaikan Festival Rebus Makassar ini.

Liputan6.com, Makassar - Kelangkaan minyak goreng yang terjadi beberapa waktu lalu berbuah ide cemerlang dari Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. Wali kota dua periode itu menggagas Festival Rebus Makassar. 

Kegiatan tersebut pun telah dilaunching pada Minggu (27/3/2022) di kediaman Wali Kota Makassar di Jalan Amirullah. Launching itu ditandai dengan memasak pisang, jagung dan umbi-umbian di dapur wali kota yang akrab disapa Danny Pomanto itu. 

"Dulu itu orang tua kita suka sekali rebus makanan seperti ini. Rasanya juga enak terus mengenyangkan. Sehatnya dapat dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak," kata Danny sembari memasak.

Danny mengatakan semarak festival rebusa Makassar ini juga dapat meningkatkan ajang silaturahmi di sekitar rumah. 

"Kita awali dulu hari ini dengan serentak merebus makanan pangan lalu di bagikan ke tetangga-tetangga. Jadi kita sehat sama-sama,bisa juga kita memperpanjang usia dengan jalan silaturahmi," terang Danny.

Rencananya festival rebus Makassar ini akan terus berlanjut dan akan menjadi agenda Pemerintah Kota Makassar dimana ke depannya seluruh kegiatan Pemkot akan menyajikan sajian rebusan untuk menjadikan masyarakat hidup lebih sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bapenda Makassar Semarakkan Festival Rebus Makassar

Tak hanya Danny Pomanto, seluruh jajarannya juga menggelar Festival Rebus Makassar di beberapa wilayah. Salah satunya adalah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar yang menggelar Festival Rebus Makassar di halaman kantornya. 

Kepala Bapenda Kota Makassar, Firman Pagarra mengatakan melalui Festival Rebus Makassar ini, pola hidup warga kota berjuluk Kota Daeng ini bisa menjadi lebih sehat. 

"Tujuan Festival Makassar Rebus ini untuk menggalakkan pola makan sehat dengan memakan makanan rebus minimal sehari dalam seminggu. Juga bertujuan untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng," kata Firman, Minggu (27/3/2022). 

Setelah memasak berbagai jenis makanan rebus, Firman Pagarra pun lalu berinisiatif membagikan masakannya itu kapa para pengguna jalan. Firman pun berharap seluruh warga Kota Makassar juga bisa ikut memeriahkan Festival Rebus Makassar ini. 

"Mari kita semarakkan kegiatan yang sangat baik ini," ucapnya singkat. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.