Sukses

Menilik Indahnya Pantai Siung Gunungkidul dari Atas Bukit Pengilon

Destinasi wisata Yogyakarta yang terletak di Tepus , Purwodadi, Gunung Kidul ini, tidak seperti bukit pada umumnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kata bukit memang identik  dengan hamparan rumput di dataran tinggi atau  pegunungan. Namun lain cerita dengan destinasi wisata Bukit Pengilon Gunungkidul. Destinasi wisata Yogyakarta yang terletak di Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul ini, tidak seperti bukit pada umumnya.

Seperti perpaduan  antara pantai dan bukit, destinasi wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam  berupa  perbukitan dengan hamparan rumput yang berada di sepanjang garis pantai selatan.

Di bagian barat Bukit Pengilon, terdapat sebuah air terjun bernama  Air Terjun Banyu Tibo. Sejauh mata memandang, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama Pantai Selatan yang dilengkapi oleh hijaunya rumput dan semilir angin.

Selain perpaduan bukit dan pantai, usut punya usut ternyata Bukit  Pengilon terletak tepat di bawah kaki gunung Batur kuno yang dulunya merupakan gunung api aktif di Gunungkidul.

Kata pengilon berarti cermin dalam bahasa Indonesia. Konon katanya, di tempat itu terdapat sebuah batu besar yang menyerupai cermin. Namun, hingga saat ini keberadaan batu tersebut masih menjadi pertanyaan.

Meskipun terletak jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun akses untuk menuju ke Bukit Pengilon cukup mudah. Bukit Pengilon dapat diakses melalui Pantai Siung, Balong dan Dusun Dawet.

Akses utamanya berada di Balong dan karena letaknya yang berada di kaki gunung, maka wajar bila pengunjung perlu berjalan kaki dari tempat parkir selama kurang lebih 40 menit hingga 1  jam untuk mencapai Bukit Pengilon. 

Meskipun berjalan kaki, tetapi sepanjang jalan pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah, mulai dari air terjun, pantai, hingga area persawahan. Fasilitas umum yang disediakan pun juga cukup lengkap, mulai dari warung kecil yang menyediakan berbagai kebutuhan hingga toliet umum.

Harga tiket Bukit Pengilon cukup terjangkau bagi pengunjung, yaitu sebesar  Rp 5.000 untuk tiket masuk, Rp 2.000 untuk parkir motor, dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

(Yohana Nabilla)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.