Sukses

Mudik Diperbolehkan, Para Lansia Vaksin Covid-19 Booster Dulu, Yuk!

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan pentingnya vaksinasi lansia mengingat kelonggaran saat Ramadan dan pengetatan mudik Lebaran.

Liputan6.com, Pekanbaru - Polda Riau dan jajaran melakukan vaksinasi serentak. Kegiatan terpusat di Universitas Riau ini langsung ditinjau oleh Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono serta Inspektur Pengawasan Umum Komisaris Jenderal Agung.

Selain vaksinasi, Komjen Gatot juga sempat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa. Sementara Komjen Agung melaporkan capaian vaksin Covid-19 melalui video telekonferensi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kepada Komjen Agung dan Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal serta jajaran di Indonesia, Kapolri menyampaikan perlunya meningkatkan vaksinasi booster ketiga, khususnya vaksin lansia.

Selain itu, perlu juga mengajak masyarakat agar mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Ini mengingat kelonggaran yang akan diberikan pemerintah pada Ramadan nanti.

"Diberi kelonggaran seluruh kegiatan di masjid, tarawih dan kegiatan lainnya," kata Jenderal Listyo, Kamis siang, 24 Maret 2022.

Kapolda dan Kapolres serta jajaran diperintahkan mengingatkan masyarakat menjaga protokol kesehatan selama Ramadan dan mengakselerasi vaksinasi.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Dikunjungi

Apalagi pada mudik lebaran nanti, Jenderal Listyo mengingatkan adanya pengetatan. Di mana warga yang baru vaksin dosis kedua diwajibkan menjalani rapid antigen.

"Yang sudah booster tidak ada kewajiban ini memastikan masyarakat yang pulang mudik dalam kondisi sehat," kata Jenderal Listyo.

Listyo memerintahkan maksimalisasi vaksinasi booster, khususnya warga lansia. Mengingat saat mudik lebaran, warga lansia menjadi orang yang paling banyak dikunjungi.

"Baik itu oleh keluarga ataupun sanak saudara ataupun tetangga dari wilayah lain, vaksinasi lansia dan booster agar dimaksimalkan bagi usia rentan" kata Listyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.