Sukses

3 Tips Belanja Oleh-Oleh di Sentra PKL Teras Malioboro Yogyakarta

Membeli aneka makanan di Teras Malioboro sebagai oleh-oleh biasa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Baru-baru ini viral unggahan warganet di media sosial yang berbelanja oleh-oleh di sentra pedagang kaki lima (PKL) Teras Malioboro Yogyakarta. Ia berbelanja wingko sebanyak sembilan tas dan ternyata setelah dibuka berjamur.

Membeli aneka makanan di Teras Malioboro sebagai oleh-oleh biasa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Ada banyak PKL yang menjajakan makanan untuk oleh-oleh.

Belajar dari keluhan wisatawan diatas, maka para wisatawan perlu berhati-hati agar kejadian serupa tak terulang. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips belanja oleh-oleh di Teras Malioboro.

1. Jangan berbelanja di satu tempat

Teras Malioboro memiliki banyak sekali lapak para pedagang, terutama yang menjajakan aneka kudapan khas Yogyakarta. Sebaiknya, wisatawan jangan hanya membeli di satu lapak PKL.

Selain agar dapat membandingkan harga dan mendapatkan harga yang lebih murah. Hal ini juga dapat mengurangi risiko membeli banyak oleh-oleh dengan kondisi kurang berkualitas.

Pastikan juga sebagai wisatawan memilih lapak PKL Teras Malioboro Yogyakarta yang ramai dikunjungi. Sebab, hal ini menjadi salah satu tanda barang yang dijual kualitasnya bagus.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jangan Malu Menawar Harga

Demi mendapat harga yang paling pas dengan kantong, para wisatawan harus pintar-pintar menawar. Tak perlu malu, apalagi takut menawar.

Para wisatawan bebas menawar layaknya berbelanja di pasar. Para wisatawan dapat mulai dengan berkeliling dan menanyakan harga pada beberapa pedagang untuk tahu harga pasaran barang yang diincar.

Pastikan juga sebagai wisatawan memberikan penawaran harga yang masuk akal. Hal ini untuk menghindari muka masam para penjual.

3. Cek Kondisi Barang

Usahakan selalu mengecek atau sekaligus mencicipi makanan yang hendak dibeli sebagai oleh-oleh. Biasanya para PKL menawarkan pembeli untuk mencicipi terlebih dahulu kudapan sebelum berakad jual beli.

Pastikan makanan yang hendak di beli dalam kondisi segar. Lalu tanyakan pula berapa lama makanan tersebut dapat bertahan, agar tidak busuk di perjalanan yang memakan waktu cukup lama.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.