Sukses

Pesona Wonderful Indonesia 2022 Sukses Digelar PPIT Xiamen

Wonderful Indonesia 2022 digelar PPIT Xiamen Tiongkok secara daring.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 tak menjadi penghalang untuk terus melestarikan budaya Indonesia. Hal tersebut yang dibuktikan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Xiamen.

Mereka sukses menggelar acara Wonderful Indonesia secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan siaran langsung di YouTube PPIT Xiamen, serta aplikasi Bilibili PPIT Xiamen, yang dihelat dari Kota Xiamen Tiongkok, pada tanggal 19 Maret 2022 lalu.

Festival Indonesia terbesar di Kota Xiamen Tiongkok tersebut, hadir dengan mengusung tema 'Adiwarna Budaya Indonesia di Era Pandemi'.

Acara Wonderful Indonesia turut dihadiri sejumlah tamu penting, seperti Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing Yaya Sutarya, Konsul Penerangan dan Sosial Budaya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Guangzhou Kurniawan Wibowo dan Wakil Ketua Asosiasi Para Perantauan Chinese-Indonesia di Xiamen Rena Chen.

Serta ada juga Willy Yanto Wijaya, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Perhimpunan INTI, sekaligus sponsor utama untuk acara Wonderful Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 600 peserta, yang didominasi oleh mahasiswa pertukaran pelajar Tiongkok yang datang dari mancanegara, serta para dosen di Xiamen, dengan membawakan dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin.

Wonderful Indonesia yang diselenggarakan PPIT Xiamen tersebut, termasuk proses pemajuan kebudayaan Indonesia, serta cara untuk membangun ketahanan budaya negara di era globalisasi ini,” ucap Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing Yaya Sutarya, Senin (21/3/2022).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tari Tradisional

Seluruh rangkaian acara tersebut dikemas dengan sangat menarik dan mempesona. Dimulai dari pemutaran pembuka film pendek Adiwarna Budaya Indonesia di Era Pandemi, dilanjutkan dengan pemutaran video-video penampilan dari PERMISI.

Seperti tari tradisional, medley lagu-lagu daerah, kolaborasi PERMISI, tari tradisional dengan MISS.D, dan masih banyak penampilan yang benar-benar memukau para hadirin sore hari itu.

Di acara tersebut juga, diumumkan para pemenang lomba Fujian Got Talent 2022 yang diselenggarakan oleh PERMISI Xiamen, dengan total hadiah Rp 500.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.