Sukses

Kehadiran Kampus UMKM Shopee Medan Solusi untuk Perkembangan UMKM Lokal

Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, saat ini pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) membutuhkan perhatian khusus, tentang bagaimana produk mereka bisa diketahui masyarakat dan konsumen.

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, saat ini pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) membutuhkan perhatian khusus, tentang bagaimana produk mereka bisa diketahui masyarakat dan konsumen.

"Seperti lebih memperhatikan packaging dan promosi yang selama ini belum pernah dilakukan dan didapatkan ilmunya oleh mereka," kata Bobby saat meresmikan Kampus UMKM Shopee Medan di Jalan Bambu 2, Kelurahan Durian, Kecamatan Medan Timur, Kamis (17/3/2022).

Kehadiran Kampus UMKM Shopee Medan diharapkan dapat menampung dan memberikan edukasi bagi pelaku UMKM yang telah atau akan membuat produk. Kampus ini juga diharapkan mempermudah akses peningkatan keterampilan digital UMKM lokal, yang membantu mereka memperluas jangkauan pasar ke seluruh Indonesia melalui ekosistem pasar modern.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Shopee. Mudah-mudahan kegiatan yang kita lakukan diberkahi dan diridai, sehingga kebaikan yang kita lakukan benar-benar memberikan manfaat untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM," ucap Bobby yang hadir bersama Kahiyang Ayu.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto menuturkan, era digital membawa tantangan tersendiri bagi UMKM Indonesia, termasuk di Kota Medan. Kampus UMKM Shopee hadir bertujuan untuk membawa solusi, dengan mendorong para pelaku UMKM di Medan dan sekitarnya, melalui sosialisasi, edukasi, pelatihan, dan pendampingan untuk dapat menghadapi tantangan di era digital saat ini.

"Secara jangka panjang, dengan kehadiran Kampus UMKM Shopee diharapkan para pelaku UMKM lebih memahami dan merasakan manfaat dari digitalisasi dan akhirnya dapat mengembangkan bisnis secara optimal melalui ekosistem digital bersama kami," tuturnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Fasilitas

Diterangkan Christin, Kampus UMKM Shopee Medan memiliki berbagai fasilitas dan layanan untuk pelatihan dan pendampingan para UMKM lokal. Seluruh fasilitas dan layanan tersedia gratis dan dapat digunakan.

Fasilitas-fasilitas tersebut seperti edukasi bagi UMKM, pendampingan bisnis bagi UMKM, studio foto dan live streaming. Kampus UMKM Shopee Medan menjadi kampus pertama di Pulau Sumatera dan ke-6 di Indonesia.

"Kampus ini memberikan solusi komprehensif dari hulu ke hilir untuk perkembangan UMKM lokal. Juga untuk mendorong ekspansi bisnis para UMKM di Medan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

One Stop Services

Christin berharap, Kampus UMKM Shopee Medan dapat menjadi one-stop services bagi UMKM yang bersama-sama ingin mengembangkan bisnisnya dari offline ke ekosistem bisnis digital, sehingga dapat memperluas jangkauan bisnisnya ke seluruh Indonesia.

"Hingga akhirnya turut mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.