Tips Foto dari Smartphone, Hasilnya Mampu Bersaing dengan Kamera Profesional

Oleh Switzy Sabandar pada 19 Mar 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 19 Mar 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Liputan6.com, Yogyakarta - Tidak semua tempat bersejarah mengizinkan kamera profesional mengambil foto secara cuma-cuma. Hal ini berkaca dari kasus destinasi wisata Taman Sari Yogyakarta yang mewajibkan wisatawan dengan kamera profesional membayar tarif foto.

Namun, jangan berkecil hati, kamera smartphone pun tak kalah keren untuk mengabadikan gambar.

Berbekal smartphone, wisatawan dapat menggunakan fitur yang tidak kalah dari kamera profesional. Berikut tips foto dengan gawai yang hasilnya Instagenic atau layak unggah di Instagram.

1. Atur kamera dalam mode fokus

Kamera ponsel saat ini secara otomatis fokus pada bagian depan, tetapi tidak setiap gambar di ponsel memiliki subyek yang jelas. Untuk mengatur fokus pada lensa kamera, buka aplikasi kamera lalu sentuh layar pada objek yang ingin mempertajam fokusnya.

Apabila ingin mengambil foto sesuatu yang bergerak, ketuk layar untuk mengatur fokus kamera ponsel sebelum mengambil gambar untuk memastikan subjek bergerak memiliki fokus yang diinginkan. Saat ikon persegi atau lingkaran muncul di layar kamera, geser fokus bidikan Anda ke semua subjek di dalam foto tersebut.

2. Mengambil gambar dengan angle yang berbeda

Mengambil foto dari sudut yang unik dan tak terduga dapat membuatnya lebih berkesan. Hal itu cenderung menciptakan ilusi kedalaman atau ketinggian dengan subjeknya. Ini juga membuat gambar menonjol, karena sebagian besar foto ponsel diambil secara langsung atau dari pandangan mata burung.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Mode Gridlines

3. Menggunakan mode gridlines pada kamera

Menggunakan mode gridlines pada kamera ponsel berfungsi untuk menempatkan serangkaian garis pada layar kamera ponsel berdasarkan rule of thrids (prinsip komposisi fotografi), sehingga akan memiliki sembilan bagian dalam foto secara total.

Menggunakan mode gridlines pada ponsel dapat membuat hasil foto lebih seimbang dan rata, sesuai dengan teori tersebut.

4. Hindari memperbesar foto

Saat mengambil foto dari jarak jauh, memperbesar foto atau photo zoom bukanlah hal yang direkomendasikan karena dapat membuat kualitas foto menjadi buram. Sebagai gantinya, cobalah untuk lebih dekat dengan subjek foto.

Dengan demikian, tidak akan mengurangi kualitas dan lebih mudah untuk mengatur gambar yang diinginkan

5. Fokuskan pada satu titik

Beberapa fotografer profesional mengatakan bahwa subjek tidak boleh memenuhi seluruh bingkai, dan dua pertiga dari foto harus berupa ruang negatif (area yang mengelilingi subjek) sehingga membantu salah satu subjek lebih menonjol.

Pastikan untuk memfokuskan kamera pada satu subjek yang ingin ditonjolkan. Hal itu akan memastikan untuk fokus dan memiliki cahaya yang optimal.

 

Penulis: Tifani

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya